Bunga Kenop, Bunga Hias yang Dapat Dimakan, Berikut 6 Manfaatnya

Bunga Kenop, Bunga Hias yang Dapat Dimakan, Berikut 6 Manfaatnya

Bunga Kenop.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Bunga Gomphrena Globosa atau dikenal dengan bunga kenop adalah bunga hias yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di perkarangan rumah.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 8 Januari 2024.

Bunga hias ini juga dikenal sebagai bunga kancing dan termasuk ke dalam suku bayam-bayaman serta bisa tumbuh setinggi 50-75 cm.

Pada saat berbunga, bunga ini akan menghasilkan bunga tunggal mencolok namun kaku dan berbentuk bulat dengan susunan warna yang terlihat yaitu ungu, pink dan putih.

BACA JUGA:10 Khasiat Bunga Mawar yang Bisa Dimakan, Begini Cara Mengolahnya

Diketahui, bunga ini berasal dari Panama dan Guatemala di Amerika Tengah dan sudah menyebar hampir di seluruh Asia termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini mudah tumbuh dan suka dengan paparan sinar matahari. Warna dari bunganya yang mecolok dapat menarik perhatian kupu-kupu dan lebah.

Bunga kenop enak untuk dipandang, namun juga memiliki banyak manfaat dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi.

Dikutip dari laman idnmedis.com, bunga ini bisa memberikan warna alami ungu untuk makanan sebab memiliki betasianin yang tinggi.

BACA JUGA:5 Manfaat Bunga Kenanga, Sangat Luar Biasa Banyak yang Belum Tahu, Cek Sekarang

Betasianin ini terdiri dari gomphrenin I,II, dan III serta isogomphrenin II dan III.

Selain itu bunga ini juga bisa dikonsumsi menjadi teh. Bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai berikut.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

The bunga kenop bisa membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, ini disebabkan teh bunga kenop mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dalam menghadapi serangan dari kuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: