Cegah Penggunaan HP Ilegal, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Sediakan Wartesuspas

Cegah Penggunaan HP Ilegal, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Sediakan Wartesuspas

Warung Telpon Khusus Pemasyarakatan (Wartel Suspas) yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.-foto: humas lapas kelas IIA muara beliti.-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID -  Masih ingatkah kalian dengan warung telepon atau yang disingkat wartel?. 

Ya dulu, sebelum ada handphone, wartel merupakan primadona dan pernah berjaya pada tahun 90-an sebagai tempat berkomunikasi, ternyata di zaman modern. 

Saat ini masih terdapat wartel yang masih eksis dan tetap mempunyai pelanggan setia yakni Warung Telpon Khusus Pemasyarakatan (Wartel Suspas) yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.

Wartelsuspas disediakan di dalam Lapas karena sudah menjadi peraturan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti melarang warga binaan untuk membawa dan memiliki HP di dalam blok hunian.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Laksanakan Upacara Hari Bela Negara ke-75 dan Persiapan Nataru

BACA JUGA:Pencegahan Deteksi Dini dari Penyakit Menular Bagi WBP, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Posyandu

Selain itu, pihak Lapas menyediakan sarananya untuk tetap dapat berkomunikasi dengan pihak keluarga mereka diluar Lapas dengan fasilitas wartelsuspas yang tersedia di masing-masing blok hunian WBP dengan jam operasional  setiap hari mulai pukul 09:00 Wib sampai pukul 11.30 Wib dipagi hari sedangkan di siang hari dari pukul 14:00 Wib hingga pukul 16.00 Wib.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald heru Praptama menjelaskan penyediaan fasilitas ini merupakan salah satu layanan yang kami berikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), agar mereka bisa berkomunikasi dengan keluarga. 

"Dengan adanya wartelsuspas ini, kami berharap tidak ada lagi upaya penyelundupan HP ke dalam Lapas, sehingga penggunaan HP ilegal bisa diberantas,” katanya.

"Saya juga menghimbau kepada pihak keluarga warga binaan dan masyarakat yang akan berkunjung atau menitipkan makanan ke dalam Lapas melalui layanan penitipan untuk tidak coba-coba menyelundupkan HP ke dalam Lapas, karena di dalam sudah disediakan wartelsuspas,"himbaunya.

BACA JUGA:Terapkan E-Pas Pay, Seluruh WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Tak Bersentuhan dengan Uang

BACA JUGA:WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Rayakan Ibadah Natal Secara Online Serentak di Seluruh Indonesia

Kemudian, bagi petugas jika ada yang bermain maka kami tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Dikatakannya, kedepan wartelsuspas akan di tata ulang penempatan nya agar terlihat lebih rapi lagi. Semoga dengan adanya wartelsuspas ini bisa mensukseskan program Zero Halinar (HP, Pungli dan Narkoba) di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti dan tentu mewujudkan Lapas menuju WBK dan WBBM.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: