Indonesia Akan Menerapkan Sistem MLFF, Ternyata Begini Kata Hongaria Si Pemilik Teknologi Tersebut

Indonesia Akan Menerapkan Sistem MLFF, Ternyata Begini Kata Hongaria Si Pemilik Teknologi Tersebut

Indonesia Akan Menerapkan Sistem MLFF, Ternyata Begini Kata Hongaria Si Pemilik Teknologi Tersebut--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Indonesia akan menerapkan sistem MLFF dalam transaksi pembayaran tol, ternyata begini kata Hongaria sebagai Negara pemilik teknologi tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping (menempelkan) kartu e-toll mulai 2024.

Sebab, Mulai 2024 secara bertahap, pemerintah akan memberlakukan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di semua gerbang masuk tol Indonesia.

Teknologi ini menerapkan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis aplikasi, dan Indonesia sebagai Negara Asia pertama yang menerapkan teknologi ini. Adapun teknologi MLFF adalah sistem canggih yang berasal dari Hongaria.

BACA JUGA:Uji Coba Bayar Tol Dengan MLFF Dilakukan Hari Ini, Ternyata Begini Persiapannya

Diketahui proyek penerapan sistem MLFF ini, diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hongaria, yaitu Victor Urban ke Indonesia pada 2016.

Pemerintah Hongaria berinvestasi 100 persen dari proyek ini dengan nilai investasi sebesar Rp4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Hingga akhirnya pemerintah Hongaria ikut buka suara soal penerapan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di Indonesia, yang seharusnya diterapkan mulai 2023.

Diketahui perusahaan yang terlibat adalah Roatex Ltd Zrt asal Hongaria, dengan kepanjangan tangannya Roatex Indonesia Tol System (RITS).

BACA JUGA:Prediksi PSV Eindhoven vs Arsenal, Matchday 6 Liga Champions UEFA, Dini Hari Nanti

Duta besar Hongaria untuk RI, yaitu Lilla Karsay, ia mengungkapkan bahwa mereka menilai MLFF yang diterapkan sebagai proyek strategis nasional ini dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi.

“Kami menilai MLFF yang diterapkan sebagai proyek strategis nasional ini dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi serta mengakselerasi upaya Indonesia menjadi kekuatan ekonomi terbesar keempat di 2045.” Ujarnya.

Ia bahkan menyebutkan jika proyek MLFF merupakan jembatan sukses kegiatan perdagangan luar negeri Hongaria pada 2021.

“Perdana Menteri (PM) Victor Orban menyebutkan dalam penilaian tahunannya, proyek MLFF adalah kisah sukses kegiatan perdagangan luar negeri Hongaria di tahun 2021” Ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: