Singapura Tidak Membutuhkan Paspor Mulai 2024: Izin Imigrasi otomatis dan Bebas Paspor

Singapura Tidak Membutuhkan Paspor Mulai 2024: Izin Imigrasi otomatis dan Bebas Paspor

Singapura Tidak Membutuhkan Paspor Mulai 2024: Izin Imigrasi otomatis dan Bebas Paspor--Pixabay.com

SINGAPURA, LINGGAUPOS.CO.ID - Tahukah Kamu jika mulai 2024 negara Singapura tidak membutuhkan paspor lagi, izin imigrasi otomatis dan bebas paspor. Berikut ulasan selengkapnya.

Mulai 2024 kabarnya, bepergian melalui salah satu bandara terbaik di dunia, yakni bandara changi Singapura akan memperkenalkan izin imigrasi otomatis tanpa paspor.

Bandara Changi di Singapura akan memberlakukan sistem otomatis dan pelaku perjalanan yang berangkat dari Singapura tidak perlu menunjukkan paspor.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh pejabat imigrasi Singapura,ia mengatakan bahwa paspor akan digantikan dengan penggunaan data biometrik. Bahkan perubahan tentang penggunaan data biometrik ini juga telah disahkan dalam Undang-Undang Imigrasi Singapura.

BACA JUGA:Ide Dekorasi Natal Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Sambut Natal 2023 dengan Cinta Lingkungan

“Singapura akan menjadi salah satu dari sedikit negara pertama di dunia yang memperkenalkan izin imigrasi otomatis dan bebas paspor” Kata Menteri Komunikasi Singapura, Josephine Teo.

Namun, sebenarnya penggunaan teknologi biometrik, bersama dengan perangkat lunak pengenalan wajah telah dilakukan sampai batas tertentu di Bandara Changi pada jalur otomatis di pos pemeriksaan imigrasi.

Lebih lanjut Teo mengatakan jika perubahan yang akan datang dapat mengurangi kebutuhan penumpang untuk berulang kali menunjukkan dokumen perjalanan.

“Namun perubahan yang akan datang akan mengurangi kebutuhan penumpang untuk berulang kali menunjukkan  dokumen perjalanan mereka di titik kontak dan memungkinkan pemrosesan yang lebih lancar dan nyaman.” Ujarnya.

BACA JUGA:Profil Taylor Lautner, Sosok Dibalik Lagu Back to December Milik Taylor Swift

Teo menerangkan, jika biometrik akan digunakan untuk membuat “token otentikasi tunggal” yang akan digunakan di berbagai titik kontak otomatis di bandara.

Mulai dari penyerahan tas hingga izin imigrasi dan boarding. Hal itu menghilangkan kebutuhan akan dokumen perjalanan fisik seperti boarding pass dan paspor dari penumpang.

“Namun paspor masih diperlukan di banyak Negara di luar Singapura yang tidak menawarkan izin bebas paspor.” Ucap Teo.

Perlu diketahui, bandara Changi di Singapura sering menduduki peringkat sebagai bandara terbaik di dunia dan juga salah satu yang tersibuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: