Menyembelih Hewan Kurban saat Idul Adha Tidak Sembarangan, Berikut 15 Larangan Wajib Dihindari

Menyembelih Hewan Kurban saat Idul Adha Tidak Sembarangan, Berikut 15 Larangan Wajib Dihindari

Menyembelih hewan kurban tidak sembarangan dan perlu memperhatikan 15 larangan dan waktu atau hari penyembelihan-dokumen-linggaupos.co.id

BACA JUGA:Operasi Sikat Musi 2023, di Lubuklinggau Terungkap 12 Kasus

9. Melarang yang Berkurban untuk Makan.

"Jika di antara kalian berkurban, maka makanlah sebagian kurbannya,"(HR Ahmad). Ada orang yang melarang orang yang berkurban memakan daging kurbannya. Hal itu adalah pendapat yang salah. 

Orang yang berkurban tetap boleh makan  hewan yang ia kurbankan. Jika dilarang justru menimbulkan dosa, sebab tidak ada syariat dalam Islam yang mengenal hal tersebut.

10. Tidak membagikan pada orang yang miskin dengan adil.

BACA JUGA:30 Santri Misro Arafah Lubuklinggau Ikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik Bersama Linggau Pos Media Group

"Sepertiga untuk memberi makan keluarga, sepertiga untuk para tetangga yang fakir miskin, dan sepertiga untuk disedekahkan kepada yang meminta-minta,"(HR: Abu Musa, AlAsfaham).

Tentunya setiap fakir miskin harus dibagi dengan merata agar ikut merasakan kebahagiaan dan rezeki dari hewan kurban tersebut. 

Jika ada pihak yang menyalagunakan seperti memanfaatkan untuk pribadi dan sebagainya maka ia berdosa.

11. Tidak mengagungkan Allah

BACA JUGA:Pria di Prabumulih Katanya Sayang Istri, Tapi Kok Seperti Itu

Dalam kurban jika tidak disertai menyebut asma Allah dan mengagungkan nama Allah tentu menjadi perbuatan dosa dan tidak berkah. 

QS. Al An,am:121." Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang demikian adalah suatu kefasikan,".

12. Tidak Ikhlas dalam berkurban.

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr(Idul Adha) yang lebih dicintai Allah melabihi mengalirkan darah(Kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenannya.(HR.Tarmizi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: