Menyembelih Hewan Kurban saat Idul Adha Tidak Sembarangan, Berikut 15 Larangan Wajib Dihindari

Menyembelih Hewan Kurban saat Idul Adha Tidak Sembarangan, Berikut 15 Larangan Wajib Dihindari

Menyembelih hewan kurban tidak sembarangan dan perlu memperhatikan 15 larangan dan waktu atau hari penyembelihan-dokumen-linggaupos.co.id

BACA JUGA:5 Berita Trending Senin 12 Juni 2023, Pemerintah Tetapkan Libur Nasional Idul Adha, Muhammadiyah Berikan Saran

Saat berkurban, orang yang kurban dilarang memotong kuku dan rabut, sampai proses kurban yang dilakukan selesai. 

" Barang siapa yang telah memiliki hawan yang hendak dikurbankan, apabila telah masuk tanggal 1 Dzulhijah, maka jangan dia memotong sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya hingga dia selesai menyembelih,"(HR. Muslim5236, Abua Daud 2793).

3. Tidak Diawali Dengan Doa

Setiap melakukan penyembelihan  wajib diawali dengan doa, yakni menyebut asma Allah sehingga keberkahan datang.

BACA JUGA:Muhammadiyah Minta Hari Cuti Bersama Ditambah, Apa Dasarnya? Perbedaan Hari Raya Idul Adha 2023 Terjadi Lagi

"Bismillahi Wallaahu Akbaru Allahumma Minka Walaka "an pulaanin" (Dengan nama Allah, Allah yang maha besar, ya Allah kurban ini dari engkau untuk engkau dari...(peberi kurban) ketika menyembelihnya.

4. Tidak Menggunkan Alat yang Tajam

Dilarang menggunkan gigi atau kukuketika kurban, melainkan harus menggunakan alat yang tajam yang dapat membunuh hewan dengan segera sehingga tidak tersiksa. 

Dari Rafi' bin Khadij, Rasulullah bersabda, "alat apapun yang mengalirkan darah dan yang disembelihkan dengan menyebut nama Allah, makanlah olehmu, kecuali karena gigi dan kukuk,"(HR: Bukhari al-syirkah:2324).

BACA JUGA:Alhamdulillah, Presiden Jokowi Sudah Tahu Usulan Muhammadiyah Libur Idul Adha 2 Hari, Tinggal Tunggu Perpres

5. Tidak menyebut asma Allah

Tentunya dilarang kurban tanpa menyebut nama Allah. Setiap hewan yang dikurban tersebut dikembalikan dan dimuliakan disisi Allah. 

QS.Al-An,am:118," Maka makanlah binatang-binatang yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayatnya,".

6. Kurban dengan cara yang lambat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: