Daftar Nama 22 Balon DPD Sumsel yang Masuk Tahap Verifikasi Faktual Terakhir

Daftar Nama 22 Balon DPD Sumsel yang Masuk Tahap Verifikasi Faktual Terakhir

Hj Yetti Oktarina yang biasa dipanggil Rina Prana (kanan) saat menyerahkan berkas DPD RI ke KPU Sumatera Selatan--

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID – Diketahui ada 22 bakal calon (balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) yang masuk tahap verifikasi kedua atau terakhir.

Hal ini diketahui, setelah KPU Provinsi Sumsel, telah menyelesaikan rekapitulasi verifikasi administrasi perbaikan dukungan minimal balon DPD RI, Jumat 24 Maret 2023.

Awalnya KPU Sumsel telah melakukan verifikasi faktual pertama, hasilnya ada 10 balon DPD yang lolos dukungan syarat minimal. Namun ada yang belum lolos.

Kemudian balon yang belum lolos ini, ada masa perbaikan. Hasilnya 12 balon yang menyerahkan syarat dukungan minimal, semuanya dinyatakan memenuhi syarat (MS).

BACA JUGA:Pengadilan Jakarta Pusat Putuskan Pemilu Ditunda, KPU Lubuklinggau Teruskan Tahapan

Ketua KPU  Sumsel, Amrah Muslimin SE M.Si, selanjutnya 12 balon DPD RI itu akan diikut sertakan pada verifikasi faktual kedua.

“Semuanya MS, dan sudah diberitahukan. Kita juga sudah peringatkan verifikasi faktual kedua adalah verifikasi terakhir dan tidak ada lagi perbaikan,” tegas Amrah dikutip dari sumeks.co, Sabtu 25 Maret 2023.

Dalam verifikasi faktual kedua, kata Amrah akan dihitung kembali.  Jika memenuhi syarat di atas 3.000  dukungan berarti lolos.

Sedangkan bagi yang syarat dukungan 3.000 ke bawah, tidak bisa lagi nyalon.

BACA JUGA:Ridho Yahya dan Giri Ramanda Diisukan Bergandengan Pilgub Sumsel 2024, ini Jawabannya

“Verifikasi faktual kedua akan dilakukan 25 Maret 2023 hingga tanggal 4 April 2023. Sedangkan untuk pleno verifikasi faktual penentuan akan diselenggarakan tanggal 6-7 April 2023,” jelasnya.

10 Balon DPD RI yang Lolos

Adapun 10 nama balon DPD RI yang sudah lebih dulu dinyatakan lolos, dukungan syarat minimal yaitu:

Amaliah Sobli, Eva Susanti, Imam Mansur (Mantan Ketua DPW PKS Sumsel), Ratu Tenni Leriva (anak Gubernur Sumsel, Herman Deru).

BACA JUGA:Pemilu 2024, Dapil Musi Rawas Berubah, Berikut Rinciannya

Kemudian Septiana Caroline (Pengusaha), Sri Hartaty (Karyawan), Muhammad Hamdani (Swasta), Bursah Zarnubi (Swasta), Nurcholis (Mantan Ketua Komnas HAM) dan Azzahrazade.

12 Balon DPD RI yang Lolos Setelah Perbaikan

Sementara itu, 12 balon DPD RI yang baru saja dinyatakan lolos setelah perbaikan yang berakhir pada 11 Maret 2023, yakni:

Abdul Aziz, Agung Wijaya, Aldina Meriamda Putri, Arniza Nilawati, Edward Jaya, Jialyka Maharani, M Reza Farisyi, Mat Syuroh, Muhammad Aminuddin, Rosmala Dewi, Syofwatillah Mohzaib dan Yetti Oktarina. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co