Anak Boleh Minum Kopi di Usia Berapa ? Biar Gak Salah, Cek Penjelasan Berikut Ini Yuk Moms

Anak Boleh Minum Kopi di Usia Berapa ? Biar Gak Salah, Cek Penjelasan Berikut Ini Yuk Moms

Kopi dikenal sebagai minuman yang bisa menghilangkan dan meredakan rasa kantuk.-instagram.com-

BACA JUGA:Prediksi Bhayangkara FC vs Madura United: Tren Kemenangan Tuan Rumah 

Efek Negatif Jika Balita Minum Kopi

Kopi mungkin membuat orang dewasa merasa lebih siap dan segar dalam menjalani hari. Hal tersebut karena tubuh seukuran orang dewasa sudah mampu mengelola kafein dengan lebih efektif. Sementara itu, tubuh balita tidak mampu mengelola kopi dengan mudah. 

Meskipun orang dewasa merasa lebih berenergi setelah minum kopi, balita bereaksi berbeda terhadap kopi. Berikut ini efek negatif jika balita minum kopi:

  • Insomnia. Balita membutuhkan setidaknya sebelas jam tidur per hari. Sementara kopi adalah zat stimulan dan bisa bertahan di dalam tubuh hingga delapan jam, yang berkontribusi pada hilangnya waktu tidur esensial bagi balita. 
  • Gigi Berlubang. Kopi bersifat asam dan bisa menyebabkan gigi berlubang dan penurunan enamel gigi. Perlu waktu bertahun-tahun untuk enamel baru mengeras begitu gigi dewasa tumbuh. Sedangkan, balita yang minum kopi kemungkinan mengalami masalah kesehatan mulut sebagai akibatnya. 
  • Nafsu Makan Menurun. Balita yang sedang tumbuh membutuhkan pola makan seimbang dengan banyak nutrisi. Sebagai penekan nafsu makan, kopi cenderung membuat balita makan lebih sedikit dan kehilangan protein, nutrisi, dan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. 
  • Tulang Keropos. Kopi bersifat diuretik, meningkatkan produksi urine. Hal ini bisa menyebabkan hilangnya kalsium dari tubuh, yang menyebabkan pengeroposan tulang. Untuk setiap 100 mg kafein yang tertelan, 6 mg kalsium hilang. Sedangkan, kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang balita. 
  • Hiperaktif. Kopi merupakan hiper-stimulan, maka bisa menyebabkan hiperaktif, gelisah, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Dampaknya bisa berlangsung selama satu hari penuh. Itulah sebabnya, balita jadi lebih rewel setelah minum kopi.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: