Simak yuk..! 5 Manfaat Konsumsi Toge, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Simak yuk..! 5 Manfaat Konsumsi Toge, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Manfaat toge.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Toge, walau tergolong sayuran murah, ternyata mengandung banyak manfaat dan nutrisi.

Seperti diketahui, toge atau tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji kacang hijau (Vigna radiata), serta dikategorikan sebagai sayur yang menjadi pelengkap hidangan sehari-hari. 

Proses pembentukan toge dari biji kacang hijau disebut sprouting atau bertunas atau berkecambah, yakni pemecahan bentuk dari biji ke tumbuhan. Biasanya biji kacang hijau akan diberi sedikit air agar dapat bertumbuh menjadi kecambah.

Dan manfaat tauge untuk kesehatanpun tentu sudah tidak bisa diragukan lagi. Tauge merupakan salah satu sayuran yang kerap dijadikan aneka menu masakan lezat oleh masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:115 Kg Sabu Pekan Baru Masuk Palembang, Ini Daerah Edarnya, Cek Tanah Periuk Ada Nggak?

Toge Tidak hanya memiliki cita rasa yang enak, tauge juga memiliki kandungan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi pada Toge:

Toge mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta lebih mudah diserap oleh sistem pencernaan karena toge sendiri sangat mudah dicerna.

Toge kaya dengan kandungan serat, vitamin C, zat besi serta zinc. Alasan ini yang membuat penderita gangguan pencernaan disarankan mengonsumsinya, apalagi jika menderita hipersensitivitas pada biji-bijian.

Toge juga sumber antioksidan yang baik, dengan manfaat melindungi kerusakan sel dan menurunkan resiko terkena kanker atau penyakit hepar.

BACA JUGA:Polres Musi Rawas Layani Vaksin Booster Ke-2 untuk Masyarakat Umum, Cek Syaratnya

Dalam satu cangkir toge kira-kira terdapat nutrisi seperti berikut:

  • Kalori: 31
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: 4 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Kalsium

Manfaat Mengonsumsi Toge/ Tauge/ Kecambah:

Dari banyaknya jenis nutrisi yang terdapat dalam kecambah, maka beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika rutin mengonsumsinya adalah seperti berikut ini:

  • Mengontrol tekanan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: