Gudang BBM Ilegal di Wilayahnya Terbakar, Lurah Pasar Satelit Lubuklinggau Berikan Penjelasan

Gudang BBM Ilegal di Wilayahnya Terbakar, Lurah Pasar Satelit Lubuklinggau Berikan Penjelasan

Lokasi gudang BBM ilegal yang terbakar dipasang garis polisi--

 

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID –  Gudang penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diduga ilegal terbakar.

 

Gudang itu milik Herman, di Jalan Lakitan, RT 5, Kelurahan Pasar Satelit, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Kebakaran terjadi, Sabtu, 14 Januari 2023 sekitar pukul 08.40 WIB. Menyebabkan bangunan terbakar, dan juga menghanguskan dua mobil dan sepeda motor.

Berkaitan dengan peristiwa ini, Lurah Pasat Satelit, Arik Sandra Jaya mengatakan pihaknya sudah memberikan imbauan kepada pemilik gudang BBM itu sejak lama. 

BACA JUGA:Gudang Penyimpanan BBM Ilegal di Lubuklinggau Terbakar

"Sejak dulu kami sudah pernah mengimbau bahwa gudang ini kan sebenarnya tidak boleh di pemukiman karena berbahaya untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Kita cuma melakukan imbauan. Kalau tindakan lain kita tidak bisa," katanya.

Arik juga menjelaskan, kebakaran itu menghanguskan gudang milik Herman yang berada dibelakang rumahnya. 

Gudang yang terbakar luasnya sekitar 10 x 20 meter. "Yang terbakar gudang minyak," ungkapnya.

Untuk penyebab, ia mengaku belum diketahui. 

BACA JUGA:Kronologis Kebakaran Gedung di Kawasan Politeknik Sriwijaya Palembang Versi Polisi, Ternyata Libatkan Dua Anak

"Penyebabnya tidak tahu juga tadi, belum ada yang konfirmasi masalah penyebabnya belum ada. Posisi saya dilokasi juga posisi orang lagi sibuk memadamkan api saat itu," jelasnya.

Kata Arik, Kebakaran itu tidak sampai mengenai rumah Herman ataupun rumah warga sekitar. Hanya saja yang terbakar gudang minyak dibelakang rumah Herman. 

"Pihak dari kepolisian sudah turun, Kapolres sudah turun langsung, sempat ninjau," bebernya. 

Seperti diketahui, gudang penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diduga illegal, terbakar Sabtu, 14 Januari 2023 sekitar pukul 08.40 WIB. 

BACA JUGA:Motor yang Terbakar Pakai Tangki Modifikasi, Kapolres Lubuklinggau Katakan Seperti ini

Gudang tersebut berada di Jalan Lakitan RT 05, Kelurahan Pasar Satelit, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Diketahui milik Herman, warga setempat. 

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi SIK MH, melalu Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Baruanto menjelaskan, pihaknya mengetahui adanya kebakaran dari laporan warga, sekitar pukul 09.00 WIB. 

“Mendapatkan laporan dari warga. Personil piket maupun dari opsnal langsung untuk menuju TKP (tempat kejadian perkara). Saya juga langsung meluncur," kata AKP Baruanto, di lokasi kebakaran. 

Setelah tiba di lokasi, katanya, benar terjadi kebakaran. Menurutnya, yang terbakar ini adalah gudang  BBM. 

BACA JUGA:Penyebab Kebakaran Gedung di Kawasan Politeknik Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan Diduga Karena Benda Ini

“Kami polisi bersama TNI juga ikut memadamkan api bersama dengan Damkar," ia menambahkan.

Dia mengatakan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.00 WIB. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. 

"Dugaan sementara penyebab kebakaran dari konleting listrik atau bisa jadi dari kendaraan yang ingin menyangkut BBM," katanya. 

Dia mengatakan terkait yang lain masih dalam penyelidikan. "Informasi awal, gudang minyak ini milik Herman warga sipil," singkatnya.

BACA JUGA:Gedung di Kawasan Politeknik Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan Terbakar, Mahasiswa Panik

Sementara itu, di lokasi kebakaran sekitar pukul 09.30 WIB, di area gudang terlihat satu unit mobil jenis pickup, dan satu unit mobil jenis panther ikut terbakar bersama sejumlah drum BBM.

Terlihat pula petugas pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran, Penyelamatan dan Penanggulangan Bencana (DKPPB) Kota Lubuklinggau berjibaku memadamkan api. 

Komandan Pos (Danpos) Pemadam Kebakaran Lubuklinggau Utara, Syehwanto mengatakan mendapat laporan terkait kebakaran kurang dari pukul 09.00 WIB. Mobil pemadam kebakaran sekitar pukul 09.00 WIB. 

"Kami menurunkan ada 5 armada damkar," ungkapnya. 

BACA JUGA:Pemilik Motor Terbakar di SPBU Diamankan, ini Nasibnya

Dia mengatakan, kesulitan menjangkau lokasi, karena berada di jalan sempit, ditambah banyaknya warga yang ingin melihat peristiwa kebakaran tersebut. 

"Kemudian karena yang terbakar ini BBM, sehingga sangat panas. Petugas kesulitan masuk ke area gudang," katanya. 

Dia menjelaskan, belum mengetahui penyebab kebakaran. Namun api memang sangat cepat membesar. Karena menyambar BBM. "Tapi dengan kerja keras tim api bisa dipadamkan," katanya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: