Bank SumselBabel Lubuklinggau Sosialisasikan Layanan Non Tunai Perbankan eChannel

Bank SumselBabel Lubuklinggau Sosialisasikan Layanan Non Tunai Perbankan eChannel

LINGGAUPOS.CO.ID - Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau menyelenggarakan Sosialisasi Ekosistem Layanan Digitalisasi Pemerintah Daerah melalui Layanan Non Tunai Perbankan eChannel Bank Sumsel Babel pada Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau.

Sosialisasi ini dibuka langsung Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar di Hotel Dafam Lubuklinggau dengan tema” Perwujudan Akselerasi Menuju Sumsel Maju Indonesia Tangguh” ini dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag dan Camat di Lingkungan Pemkot Lubuklinggau, Selasa, (14/6/2022).

 

Kepala Cabang Bank SumselBabel Lubuklinggau, Hidayat didampingi Wakil Pimpinan Bank SumselBabel Lubuklinggau, Eka Yuniarto mengatakan,”Untuk kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk melakukan transaksi non tunai di Pemerintah Kota Lubuklinggau dalam rangka mengimplementasikan yang dimulai dari Bank Indonesia yakni Gerakan Nasional Non Tunai,”katanya.

Hidayat menjelaskan Gerakan Nasional Non Tunai ini dimulai oleh Bank Indonesia sejak Agustus 2014 dan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 supaya Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota/Kabupaten melakukan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Kita berharap kepada Pemkot Lubuklinggau untuk melaksanakan sosialisasi dan kerjasama yakni Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) melalui Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) Kota Lubuklinggau,”ungkapnya.

Hidayat menambahkan transaksi non tunai ini bisa penerimaan dan pembayaran, kalau penerimaan ini yakni Pajak Daerah, Retribusi sedangkan pembayaran yakni pembayaran gaji, pembayaran dinas, uang lembur dan lainnya.

“Karena Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau ini merupakan mitra utama Pemkot Lubuklinggau secara krusial harus disupport pelaksanaan transaksi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di Kota Lubuklinggau melalui produk-produk berbasis digital yakni Internet Banking, Elektronik Data Capture (EDC), Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) dan BSB Cash,”jelasnya.

Dikatakannya, produk-produk digitalisasi Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau dapat diberdayakan untuk sebagai alat pembayaran, penerimaan maupun pengeluaran yang pengeloaan keuangan daerah dapat berjalan di OPD dilingkungan Pemkot Lubuklinggau.

“Kita berupaya Kota Lubuklinggau dapat mengimplementasikan transaksi non tunai ini dari berbagai alat digital Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau,”ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar dalam sambutannya menjelaskan perkembangan teknologi mendorong sektor perbankan semakin canggih.

Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran telah menggantikan peranan uang tunai yang dikenal masyarakat sebagai alat pembayaran pada umumnya, kedalam pembayaran non tunai yang lebih efektif dan efisien.

“Untuk mendukung hal itu, sesuai intruksi Gubernur Sumsel perlu segera dilaksanakan atau diimplementasikan di lingkungan kerja Pemkot Lubuklinggau,”tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: