Catat Bro! 5 Makanan dan Minuman Bisa Bantu Sembuhkan DBD

Catat Bro! 5 Makanan dan Minuman Bisa Bantu Sembuhkan DBD

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Penyakit demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini bisa berbahaya dan dapat memengaruhi sistem kekebalan pasien dan terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia.

Untuk demam berdarah ringan, maka ia akan menyebabkan demam tinggi dan gejala seperti flu. Sementara untuk demam berdarah yang parah, ia bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian.

Penyakit ini bisa menyebabkan demam tinggi hingga 40 derajat Celsius. Selain itu, beberapa gejala lainnya, antara lain: 

  • Sakit kepala.
  • Nyeri otot, tulang atau sendi.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit di belakang mata
  • Kelenjar bengkak.
  • Ruam.

BACA JUGA:Prediksi Liga Champion: Liverpool vs Real Madrid, Revans Final 2022

BACA JUGA:Liga Champion: Prediksi Eintracht Frankfurt vs Napoli, Ambisi Tuan Rumah Jegal Partenopei

Selain melakukan gerakan menguras, menutup, dan mengubur (3M), ketahanan fisik juga perlu diperhatikan. Pastikan agar daya tahan tubuh tidak menurun. Apabila daya tahan tubuh menurun, maka tubuh akan lebih mudah terinfeksi penyakit.

Untuk saat ini, di daerah di mana demam berdarah biasa terjadi, cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah dengan menghindari gigitan nyamuk dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengurangi populasi nyamuk. Kini para peneliti sedang mengupayakan untuk membuat vaksin demam berdarah. 

Ada berbagai bentuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak menurun, seperti olahraga atau mengonsumsi makanan yang menyehatkan. Dengan begitu setidaknya kamu dapat mencegah gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Untuk menyembuhkannya sebenarnya bisa menggunakan obat-obatan kimia. Namun, selain itu, terdapat beberapa makanan dan juga minuman yang diketahui dapat membentu proses pemulihan DBD.

BACA JUGA:Prediksi Persikabo 1973 vs PSIS Semarang: Laga Krusial Laskar Padjajaran

BACA JUGA:Prediksi Persis Solo vs PSS Sleman: Peluang Naik Peringkat

Kira-kira apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Air kelapa

Salah satu komplikasi yang dialami pasien BDB adalah dehidrasi, dan air kelapa sangat bagus untuk mengembalikan elektrolit yang hilang. Air kelapa juga memberi tubuh nutrisi penting sehingga dapat membantu masa pemulihan secara cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: