Siap-Siap CPNS dibuka Juli-Agustus 2024, Ada 40 Ribu Kuota di IKN, 5 Persen Khusus Warga Kalimantan

Siap-Siap CPNS dibuka Juli-Agustus 2024, Ada  40 Ribu Kuota di IKN, 5 Persen Khusus Warga Kalimantan

Siap-Siap CPNS dibuka Juli-Agustus 2024, Ada 40 Ribu Kuota di IKN, 5 Persen Khusus Warga Kalimantan--

LINGGAUPOS.CO.ID- Siap-siap CPNS 2024 bakal dibuka pada Juli-Agustus mendatang, ada sebanyak 40 ribu kuota khusu Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan 5 persen untuk warga Kalimantan.

Jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 kembali diundur.

Setelah sebelumnya diumumkan akan diadakan pada bulan Juli 2024, kini diundur hingga Agustus mendatang.

“Juli – Agustus, ya,” ujar Menpan RB Azwar Anas, pada Senin 1 Juli 2024 saat ditanyai mengenai kapan CASN 2024 diadakan.

BACA JUGA:Mengenal Bela Negara Seleksi CPNS 2024, Lengkapnya Beserta Contoh Soal

Namun, dalam seleksi CPNS kali ini pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bakal menyediakan 40 ribu kuota khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dimana dari 40 ribu kuota yang disediakan tersebut sebanyak 5 persen akan dikhususkan untuk putra/putri terbaik warga Kalimantan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Anas juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi meminta kepada Kemenpan RB untuk membuat regulasi yang jelas terkait pemindahan ASN ke IKN.

Dimana, pemerintah juga akan membuka lowongan baru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lebih dari 40 ribu orang untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut.

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024 Kemendikbud, Langgar 8 Hal Ini Peserta Bisa Didiskualifikasi

“Kami sampaikan juga bahwa ada rencana pengisian ASN di IKN terdiri dari 3 hal, pertama perpindahan dari kementerian/lembaga ke IKN. Kedua adalah pengadaan CPNS khusus IKN di 2024,” ungkapnya.

Kata Anas, akan ada sebanyak 40.021 formasi di kementerian/lembaga yang akan ada di Ibu Kota Nusantara.

“Kami sampaikan ke teman-teman bahwa sampai saat ini sudah ada formasi 130.341 di instansi pemerintah pusat, di dalamnya nanti akan ada 600 formasi Otorita IKN, kemudian 40.021 ini formasi kementerian/lembaga yang akan ada di IKN,” lanjutnya.

Dalam seleksi penerimaan CPNS penempatan di IKN ini pun akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan akan sangat ketat hingga tak akan ada yang bisa bantu mengerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: