Mengenal Bela Negara Seleksi CPNS 2024, Lengkapnya Beserta Contoh Soal

Mengenal Bela Negara Seleksi CPNS 2024, Lengkapnya Beserta Contoh Soal

Mengenal Bela Negara Seleksi CPNS 2024, Lengkapnya Beserta Contoh Soal --

LINGGAUPOS.CO.ID- Mengenal apa itu bela Negara dalam salah satu tahapan tes CPNS 2024. Sangat penting untuk kamu ketahui. Simak dibawah ini penjelasan lengkapnya beserta contoh soal.

CPNS 2024 akan segera diadakan, salah satu hal yang penting untuk kamu ketahui adalah tahapan yang disebut dengan istilah Bela Negara.

Lantas sudahkah kamu pahami apa itu bela Negara ? Jika belum simak ulasan ini hingga akhir ya untuk membantu mempermudah kelancaranmu pada saat menghadapi seleksi CPNS 2024 mendatang.

Sebab, kabar terbarunya CPNS 2024 akan diadakan pada bulan Juli atau Agustus mendatang, artinya pengadaan seleksi  sudah tidak lama lagi.

BACA JUGA:CPNS dan PPPK 2024 Diundur Juli- Agustus, Begini Kata Menteri PANRB

Salah satu persiapan menuju hari tersebut adalah dengan mengetahui tahapan-tahapan seleksinya, termasuk bela Negara ini yang ada pada tahapan seleksi TWK.

Pada dasarnya, bela Negara didasari oleh kesadaran warga Negara Indonesia dalam rangka penguatan jati diri bangsa yang menurut kepribadian dan berkebudayaan menurut pancasila dan UUD Negara RI 1945.

Bela Negara juga dapat diartikan sebagai sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan Negara yang seutuhnya.

Serta hak dan kewajiban setiap warga Negara Indonesia, bukan hanya tugas dari TNI, tetapi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

BACA JUGA:7 Jurusan Kesehatan Dibutuhkan pada CPNS 2024, Apakah Kamu Termasuk

Kesadaran bela negara pun hakikatnya kesedian untuk berbakti pada Negara dan kesediaan berkorban membela Negara.

Sakupan dari bela Negara sendiri sangat luas, dari yang paling halus sampai yang paling keras. Mulai dari relasi sesama warga Negara hingga bersama-sama menangkal ancaman konkret musuh bersenjata.

Tercakap pula didalamnya bertindak yang terbaik bagi bangsa dan Negara.

Lebih lanjut, dikutip dari unggahan instagram @kisicpns, yang dikutip pada Selasa 2 Juli 2024 berikut adalah fungsi dan upaya dalam bela Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: