Masjid di Palembang dan Ogan Ilir, Sudah Salat Idul Adha, ini Penjelasan Imam

Masjid di Palembang dan Ogan Ilir, Sudah Salat Idul Adha, ini Penjelasan Imam

Masjid di Palembang dan Ogan Ilir, Sudah Salat Idul Adha, ini Penjelasan Imam--

BACA JUGA:Jangan Salah! Inilah Niat Puasa Idul Adha dan Doa Berbukanya dalam Bahasa Latin serta Artinya

Mereka melaksanakan salat id di kawasan Maskarebet di Jalan Drs H Dahlan, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-alang Lebar  Palembang.

Majelis Pecinta Quran, Andri menyebutkan jika pihaknya mengikuti penetapan dari Pemerintha Arab Saudi. Menurutnya, keputusan tersebut bukan karena masalah pilihan.

 “Perbedaan merupakan hal yang biasa, namun penetapan hari raya itu hak dari Amir Mekkah, oleh karena kita mengikuti apa yang sudah ditetapkan di Mekkah,” kata Andri dikutip dari sumeks.co.

Menyangkut perbedaan jadwal dengan pemerintah Indonesia Andri menjelaskan, Majelis Pecinta Quran tetap berpedoman berdasarkan keputusan dari Amir Mekkah.

BACA JUGA:Ikuti Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Ini Agar Awet bahkan Dapat Bertahan hingga 12 Bulan

“Tentunya kita berpedoman dari keputusan Amir Mekkah, jika pun mengalami perbedaan wallahu alam mungkin ada pertimbangan lain yang seharusnya itu tidak harus terjadi,” sambungnya.

Andri juga menyampaikan, alasan mengapa mengalami perbedaan pelaksaan salat id, hal ini lantaran umat Islam tidak memiliki sosok Khalifah.

 “Hari ini mengapa kita berbeda pelaksaan salat id, karena kita pada hari ini belum ada sosok khalifah, seandainya kita punya khalifah maka khalifah yang tinggal menentukan bahwa 10 Dzulhijjah itu bertepatan Idul Adha,” ujar Andri sekaligus hotib salat id.

Majelis Cinta Quran berpedoman saat jamaah haji tengha menjalankan ibadah Wukuf di Arafah maka saat itu juga umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa Arafah.

BACA JUGA:Cerita Mbah Harjo Jemaah Haji Tertua dari Indonesia, Usianya 110 Tahun, Begini Perjalanannya

“Ketika setelah puasa Arafah kita enjalankan salat id, jadi ini bukan hal yang harus didebatkan,” tegasnya.

Begitu juga di Masjid Sulthanan Nashiran Desa Tanjung Lubuk Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

jemaah Masjid Sulthanan Nashiran Kabupaten Ogan Ilir yang melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah ini, pada Minggu 16 Juni 2024.

Bertindak sebagai imam dan khotib adalah Ustadz Mahmud Jamhur, Anggota Komisi Informatika Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: