Masjid di Palembang dan Ogan Ilir, Sudah Salat Idul Adha, ini Penjelasan Imam

Masjid di Palembang dan Ogan Ilir, Sudah Salat Idul Adha, ini Penjelasan Imam

Masjid di Palembang dan Ogan Ilir, Sudah Salat Idul Adha, ini Penjelasan Imam--

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID – Diketahui ada masjid di PALEMBANG dan Ogan Ilir yang sudah melaksanakan Salat Idul Adha 2024, pada hari ini Minggu 16 Juni 2024.

Seperti diketahui adapun negara yang melaksanakan Idul Adha 2024 atau 1445 H adalah Arab Saudi. Sedangkan Indonesia pada Senin 17 Juni 2024.

Yakni Masjid Al Mustanir Jalan Noerdin Panji Jakabaring  Palembang (samping Yayasan Ponpes Al Fadh), yang melaksanakan salat Idul Adha 1445 H pada Minggu 16 Juni 2024.

Sebagai Imam salat Idul Adha 1445 H yaitu Ustad Syahrul Musta’in S.Ag serta khatib Ustad Apriyanto S.Pd.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Idul Adha 2024 di Arab Saudi dan RI Berbeda, Pakar Jelaskan 3 Alasannya

Pengurus masjid Al Mustanir  Palembang Ustad Syahrul Musta’in S.Ag menjelaskan, bahwa pihaknya melaksanakan salat id terlebih dahulu, dikarena sesuai dengan hadits nabi.

Yakni Haji Itu Adalah Wukuf di Arafah. Sehingga semestinya tidak ada perbedaan waktu hari di Arafah dengan pelaksanan wukuf di Arafah. 

“Kita mengikuti ketentuan hari berkaitan dengan ibadah dan di Arab Saudi telah melihat hilal. Apabila di sebuah negeri telah melihat hilal makanya segerakan laksanakan salat Id,” jelasnya dikutip dari sumeks.co.

Karena itulah, menurutnya terkait perbedaan hilal ini, semestinya hal itu tidak perlulah dipertentangkan. Karena perbedaan waktu dengan Arab Saudi paling lama 12 jam.

BACA JUGA:Bacaan Takbir Idul Adha 2024 Lengkap Beserta Arti dan Waktu yang Ditentukan

Artinya, tidak terjadi perbedaan hari, harusnya dengan begitu ada semangat umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk menyatukan kekuatan bersama-sama melaksanakan salat Id pada hari yang sama.

Menurut Syahrul, pelaksanaan salat Idul Adha ini sebelumnya dilaksanakan di beberapa lokasi. Selain di Masjid Al-Mustanir.

Melainkan juga berlangsung di sejumlah lokasi diantaranya di Kalidoni, Pipa Reja, Mas Karebet dan di Ogan Ilir (OI).

Sementara itu, jemaah Majelis Pecinta Quran (MPQ) Palembang melaksanakan salat Idul Adha 1445 pada Minggu, 16 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: