Tradisi 15 Negara Rayakan Idul Fitri, Termasuk Indonesia, Yuk Disimak Ulasannya

Tradisi 15 Negara Rayakan Idul Fitri, Termasuk Indonesia, Yuk Disimak Ulasannya

Tradisi 15 Negara Rayakan Idul Fitri, Termasuk Indonesia, Yuk Disimak Ulasannya -Ilustrasi-Pixabay.com

 

 3. Suriname

 Perayaan Idul Fitri di Suriname terbilang cukup unik, di mana penentuan hari dilakukan sendiri oleh masyarakat sesuai perhitungan mereka sendiri menggunakan prajangka atau semacam primbon Jawa.

Hal ini terjadi karena nenek moyang Suriname adalah orang-orang Jawa yang dikirim Belanda untuk menjadi kuli saat zaman penjajahan dulu.

4. Amerika Serikat

 Masyarakat muslim di Amerika Serikat mayoritas adalah imigran, karena itu setiap kali diadakan salat Idul Fitri, pakaian para jamaah terlihat begitu unik dan berwarna-warni sesuai negara asalnya.

 

Setelah melakukan salat Id dilanjutkan dengan saling bersalaman dengan mengucapkan "Happy Eid" atau "Eid Mubarak" antar sesama.

 5. Fiji

 Berbeda dengan negara lain, masyarakat yang diperkenankan melaksanakan salat Id berjamaah di Fiji hanyalah kaum pria saja.

 Negara yang mayoritas non-Muslim ini memiliki tradisi menghidangkan samai, mi manis yang dicampur dengan susu. Samai disajikan bersama samosas yaitu sejenis kari ayam atau daging.

 

6. Tiongkok

Meskipun bukan mayoritas penduduknya muslim namun umat muslim di Tiongkok tetap merayakan Idul Fitri sebagaimana mestinya yaitu dengan salat Id, bersilaturahmi, hingga mengunjungi makam para leluhur mereka.

Momen lebaran Idul Fitri ini biasanya paling terasa di provinsi Xinjiang dan Yunnan yang sebagian penduduknya muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: