Tradisi 15 Negara Rayakan Idul Fitri, Termasuk Indonesia, Yuk Disimak Ulasannya

Tradisi 15 Negara Rayakan Idul Fitri, Termasuk Indonesia, Yuk Disimak Ulasannya

Tradisi 15 Negara Rayakan Idul Fitri, Termasuk Indonesia, Yuk Disimak Ulasannya -Ilustrasi-Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID – Setiap negara merayakan, Hari Raya Idul Fitri dengan tradisi berbeda-beda, tentunya tergantung adat istiadat dan budaya masing-masing negara.

Namun seluruh Umat Muslim di dunia, sebelum merayakan Idul Fitri melaksanakan puara Ramadan sebulan lamanya.

Puasa Ramadan ini dilaksanakan sesuai Syariat Islam yang sama di seluruh dunia. Mulai dari kegiatan ibadah Salat Tarawih, dan ibadah-ibadah lainnya.

Setelah satu bulan lamanya berpuasa, menahan dahaga dan lapar, maka puncak kemenangan itu dirayakan dalam 1 Syawal yakni Idul Fitri.

 

Berikut tradisi warga di 16 negara, merayakan idul fitri dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber, Minggu, 7 April 2024. 

1. Indonesia

Tentunya di Indonesia tradisi yang sangat kental menyambut Idul Fitri adalah mudik ke kampung halaman. Bertemu dengan orang tua, kerabat, dan jiran tetangga.

Tradisi mudik ini tentu tidak akan lengkap, jika pada saat Idul Fitri tidak saling mengunjungi. Di Indonesia tradisi saling mengunjungi saat Idul Fitri masih sangat kental.

 

Kemudian makanan ketupat. Ini juga hampir di keseluruhan wilayah Indonesia, merayakan Idul Fitri dengan memakan ketupat, walaupun setiap daerah dengan kuah dan toping yang berbeda.

2. Nigeria

 Masyarakat Nigeria dikenal dengan mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam dan Kristen. Pada hari raya Idul Fitri mereka saling membantu satu sama lain dalam menyiapkan hari besar tersebut.

 Idul fitri di Nigeria disebut dengan istilah "Sallah kecil". Kemudian, masyarakat akan saling berpelukan dan mengucapkan, "Barka Da Sallah", artinya Salam Sejahtera di Hari Raya. Tak terkecuali bagi mereka yang non muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: