Hati-Hati Konsumsi Makanan Manis Saat Buka Puasa, Ada Aturannya Biar Tak Bahaya

Hati-Hati Konsumsi Makanan Manis Saat Buka Puasa, Ada Aturannya Biar Tak Bahaya

Hati-Hati Konsumsi Makanan Manis Saat Buka Puasa, Ada Aturannya Biar Tak Bahaya--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Saat berbuka puasa hati-hati dengan makanan yang manis agar tidak menimbulkan masalah sebaiknya simak aturannya berikut ini.

Saat berpuasa kita diharuskan mengonsumsi makanan yang manis, meski bukan sebuah kewajiban. Namun konsumsi makanan manis saat berbuka ternyata cukup baik bagi tubuh selagai mengetahui aturannya.

Pada dasarnya buka puasa dengan makanan manis bisa membantu mengembalikan kadar gula dengan cepat.

Sebagaimana, pada saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam jangka waktu tertentu, hal ini menyebabkan kadar gula darah menurun.

BACA JUGA:Kakek di Lubuk Linggau Rudapaksa Bocah, Diduga Manfaatkan Kemiskinan Keluarga Korban, ini Pengakuan Tersangka

Selain kadar gula, puasa juga mempengaruhi jumlah cairan dan elektrolit dalam tubuh. Konsumsi makanan maupun minuman manis bisa dengan cepat mengembalikannya. Tetapi, sebaliknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Penting untuk tetap menjaga keseimbangna dalam konsumsi makanan manis saat buka puasa. Mengkonsumsi terlalu banyak gula juga dapat berdampak negatif pada kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti diabetes.

Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda aturan buka puasa dengan makanan manis, mengutip dari berbagai sumber berikut ini.

Aturan Buka Puasa dengan Makanan Manis

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Rumah Wartawan di Muratara Dibobol Maling, Habis-habisan, Kerugian Rp30 Juta

Asupan gula untuk tubuh sebaiknya tidak lebih dari 2 sendok makan atau sekitar 50 gram dalam satu hari. Jumlah tersebut sudah termasuk gula meja, madu, sirup jagung, sukrosa, dan pemanis lain.

Selain itu, makanan dan minuman manis lebih dianjurkan untuk dikonsumsi saat buka puasa, dibandingkan waktu sahur

Sebab, selama kurang lebih 12 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan apapun, sehingga kadar gula darah perlu segera dikembalikan, dalam hal ini kurman sangat disarankan saat berpuasa, karena rasa manis alami.

Adapun cara untuk memenuhi kebutuhan asupan gula 5 sendok perhari, kamu bisa mengatasinya dengan cara 1-2 sendok pada saat sahur, 2-3 sendok waktu berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: