Apakah Dosa juga Dilipatgandakan di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya

Apakah Dosa juga Dilipatgandakan di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya

Apakah Dosa juga Dilipatgandakan di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya--Pixabay.com

BACA JUGA:Daftar 6 Platform Travel Online Terancam Diblokir Kominfo, Ini Alasannya

Utsman bin Hasan al-Khaubari mengutip sabda Rasulullah, yaitu yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam pertama bulan Ramadan, Allah Ta’ala berfirman, ‘Siapa saja yang menyintaiKu, maka Aku akan menyintainya. Siapa saja yang mencariKu, maka Aku akan mencarinya.

Siapa saja yang memohon ampun kepadaKu, maka Aku akan mengampuninya berkat kemuliaan Ramadan, Allah memerintahkan Malaikat Pencatat Amal, agar mencatat kebaikan umat Muhammad, dan tidak mencatat kejelekan mereka, dan Allah akan menghapus dosa-dosa mereka yang telah lalu.”

Nah, dari kedua pendapat diatas ditarik kesimpulan bahwa, hadist pertama menceritakan dosa pada bulan Ramadan dilipatgandakan adalah hadist daif.

BACA JUGA:Kapolres Termiskin di Sumatera Selatan Hanya Punya Kas Rp29 Juta, Terkaya Segini Hartanya

Disamping itu, dosa yang disebutkan adalah dosa-dosa besar, yaitu zina dan minum khamr. Hal ini mengarahkan pemahaman bahwa dosa yang dilipatgandakan adalah dosa-dosa besar.

Sementara, pendapat yang kedua. Hadist yang mengatakan bahwa kesalahan pada bulan Ramadan tidak akan dicatat oleh malaikat tidak ditemukan sumbernya dalam berbagai kitab hadits.

Tetapi, jika benar itu menjadi sabda Rasulullah, maka kemungkinan yang dikehendaki adalah dosa-dosa kecil.

Kendati demikian, kita sebagai umat muslim tetap saja tidak boleh menyepelekan dosa sekecil apapun apalagi di Ramadan yang mulia ini. Sebab, menyepelekan dosa kecil sendiri adalah suatu dosa besar. Wallahu a’lam.

BACA JUGA:Cegah Barang Terlarang Masuk Kedalam Lapas, Petugas P2U Maksimalkan Penggunaan Mesin X-Ray

Nah, itulah penjelasan mengenai dosa di bulan Ramadan, semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: