Cegah Barang Terlarang Masuk Kedalam Lapas, Petugas P2U Maksimalkan Penggunaan Mesin X-Ray

Cegah Barang Terlarang Masuk Kedalam Lapas, Petugas P2U Maksimalkan Penggunaan Mesin X-Ray

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti kembali mengaktifkan penggunaan mesin X-Ray guna meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti kembali mengaktifkan penggunaan mesin X-Ray guna meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas. 

Untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang kedam lapas, petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) sekarang lebih dilengkapi dengan adanya mesin X ray untuk memeriksa barang bawaan pengunjung yang masuk. 

Tentu ada beberapa barang yang dilarang masuk kedalam lapas seperti Narkoba, handphone, kamera, senjata api dan senjata tajam serta bahan berbahaya lainya.  

Dengan adanya alat canggih ini, upaya penyelundupan melalui barang bawaan pembesuk bisa ditangkal. Ini menjadi salah satu langkah dalam upaya mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban. 

BACA JUGA:Semarak Peringatan HBP, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Lomba MTQ

BACA JUGA:Sambut Bulan Suci Ramadan 1445 H, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Antusias Laksanakan Salat Tarawih

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menjelaskan bahwa dengan adanya Mesin X Ray ini sangat membantu dalam proses pencegahan masuknya barang terlarang kedalam Lapas.

“Sejak hari ini mesin X-Ray telah kami aktifkan kembali untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang ke dalam Lapas,"katanya. 

Dikatakannya, semua barang/makanan yang diterima melalui layanan penitipan barang/makanan akan diperiksa melalui mesin ini sebelum diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Kami berharap dengan penggunaan mesin tersebut dapat meningkatkan deteksi dini keamanan dan ketertiban di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. Mohon petugas P2U yang mengoperasikannya harus memiliki sikap tegas dan jujur dalam menjalankan mesin ini” tegasnya.

BACA JUGA:Petugas P2U Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Bekerjasama dengan Kodim 0406 Periksa Ketat Pengunjung

BACA JUGA:Sambut HBP ke-60, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Kegiatan Donor Darah

Kalapas juga menyebutkan bahwa mesin X-Ray ini telah digunakan Lapas sejak lama, namun sejak tahun 2020 mesin tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan hingga akhir tahun 2023. Tetapi Mulai tahun 2024 ini setelah dilakukan perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan, mesin X-Ray bisa dioperasikan kembali, sehingga pemeriksaan barang bawaan pengunjung dapat diperiksa secara optimal.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: