Begini 6 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW saat Jalani Puasa Ramadan: Bisa Diterapkan

Begini 6 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW saat Jalani Puasa Ramadan: Bisa Diterapkan

Begini 6 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW saat Jalani Puasa Ramadan: Bisa Diterapkan--Pixabay.com

BACA JUGA:7 Tempat Favorit Ngabuburit Bulan Ramadan di Lubuk Linggau, Pulang Bisa Bawa Takjil Buka Puasa

2. Makan Perlahan

Selanjutnya diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk makan dengan perlahan, makan perlahan dimaksudkan untuk membantu proses pencernaan.

Mengutip dari Connect Muslim Pro bahwa, kebiasaan tersebut ternyata didukung secara ilmiah. Perlu waktu sekitar 20 menit untuk otak mengirim sinyal kenyang.

3. Menu Buah Delima

BACA JUGA:Awal Ramadan 2024, Begal Hadang Mama Muda Pulang Beli Susu di Lubuk Linggau

Tahukah kamu bahwa buah delima dianggap sebagai buah favorit Rasulullah SAW. Sementara, riset membuktikan bahwa buah ini memang salah satu makanan paling sehat di bumi.

Buah delima mengandung mangan yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme. Kemudian kandungan potassium membantu menjaga fungsi sel dan menjaga keseimbangan kadar cairan.

4. Tidur Cukup

Tidur yang cukup juga masuk dalam daftar ini. Rupanya dikatakan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah kurang tidur ataupun tidur secara berlebihan.

BACA JUGA:Asal Usul Ngabuburit di Bulan Puasa Ramadan, dari Bahasa Sunda, Ini Artinya

Sementara, berbagai penelitian ilmiah juga mengaku bahwa tidur lebih awal bisa menjaga stabilitas berat badan dan menghindari masalah lebih serius seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

5. Berbuka dengan Kurma

Anda pasti sudah tak asing dengan kurma, buah yang memang cukup populer selama bulan Ramadan. Tahukah kamu disebutkan bahwa Rasulullah SAW biasa berbuka dengan kurma.

Secara ilmiah sendiri, buah kurma rupanya mampu menstabilkan kadar gula dalam darah, menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh. Dengan demikian bisa membantu sistem pencernaan untuk bersiap ke menu yang lebih berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: