Catat 5 Tips Penting Menjaga Kesehatan Agar Tetap Sehat Jalani Puasa Ramadan: Lakukan Kebiasaan Ini

Catat 5 Tips Penting Menjaga Kesehatan  Agar Tetap Sehat Jalani Puasa Ramadan: Lakukan Kebiasaan Ini

Catat 5 Tips Penting Menjaga Kesehatan Agar Tetap Sehat Jalani Puasa Ramadan: Lakukan Kebiasaan Ini--Pixabay.com

BACA JUGA:6 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran, Apa Saja Yah, Yuk Simak

Pastikan juga menu makan sahur terdapat protein dan karbohidrat kompleks, yang bisa berasal dari telur, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum.

Disamping itu, lengkapi pula menu makananmu dengan lemak sehat dari alpukat, ikan salmon, atau minyak zaitun, serta minum susu rendah lemak. Serta konsumsilah makanan dengan air tinggi, seperti semangka, stroberi dan blewah.

2. Minum Air dalam Jumlah yang Cukup

Selanjutnya penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup. Sebab kurang minum saat berbuka dan sahur bisa membuatmu jadi mudah lemas, bad mood, sakit kepala, migraine hingga sembelit saat berpuasa.

BACA JUGA:Produk Halal di AS Semakin Diminati, Apakah Indonesia Dapat Bersaing di Pasar Global?

Rata-rata orang dewasa disarankan minum 2-3 liter atau lebih kurang 8 gelas air putih setiap hari. Minumlah air putih di waktu sahur dan berbuka. Dan sebisa mungkin hindari jenis minuman yang dapat memicu dehidrasi seperti kopi, teh dan minuman bersoda.

3. Makan dengan Porsi Tepat

Nah, saat berbuka nanti jangan kalap sehingga segala jenis makanan mau dimakan, namun makanlah dengan porsi yang tepat.

Sebab, makan dalam jumlah yang berlebihan justru dapat menyebabkan perut kembung, kelelahan, bahkan memicu kenaikan berat badan. Jadi, meski puasa saat berbuka nanti makanlah dalam porsi normal saja.

BACA JUGA:13 Produk Kebutuhan Dapur Ini Lagi Diskon di Indomaret, Buruan Promo Hingga 19 Maret 2024

4. Rutin Berolahraga

Tahukah kamu meski sedang berpuasa tetap saja dianjurkan untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap fit dan berenergi serta beratmu bisa terkontrol.

Pilihlah jenis olahraga dengan intensitas rendah atau sedang, misalnya jalan kaki, yoga, sepeda santai kemudian lakukan olahraga selama 30 menit setiap sore hari, hindari olahraga di siang hari karena bisa berisiko dehidrasi.

5. Buat Jadwal Tidur dengan Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: