Begini Sejarah dan Arti Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim: Sosok Ini yang Pertama Kali Berpuasa

Begini Sejarah dan Arti Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim: Sosok Ini yang Pertama Kali Berpuasa

Begini Sejarah dan Arti Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim: Sosok Ini yang Pertama Kali Berpuasa--Pixabay.com

BACA JUGA:Menantu Jokowi, Erina Gudono Masuk Bursa Calon Bupati Sleman 2024

Seperti mengutip dari buku Misteri Bulan Puasa oleh Yusuf Burhanuddin, Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa Nabi Nuh AS merupakan orang pertama yang berpuasa di bulan Ramadan.

Nabi Nuh AS melakukan Ibadah puasa setelah turun dari bahteranya setelah peristiwa badai yang menghantam negeri kaumnya.

Puasa yang dilakukan pada zaman Nabi Nuh AS dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas keselamatan dirinya dan kaumnya dari badai yang menghantam.

Namun, Nabi Nuh AS tidak berpuasa selama satu bulan penuh karena belum ada perintah yang mewajibkan puasa Ramadan sebulan penuh.

BACA JUGA:Apakah Menelan Ludah Batal, ini 9 Hal yang Membatalkan Puasa Menurut Penjelasan Buya Yahya

Sebaliknya, menurut Syekh Sulaiman Ahmad Yahya Al Faifi dalam buku Ringkasan Fikih Sunnah Sabiq, bahwa perintah puasa Ramadan diturunkan pada zaman Nabi Muhammad SAW.

Puasa Ramadan pun pertama kalinya disyariatkan pada tahun kedua Hijriah yakni, pada Senin 10 Syaban tahun ke-2 Hijriah atau satu setengah tahun setelah Rasulullah SAW dan umatnya hijrah dari Makkah ke Madinah.

Dari awal adanya perintah puasa Ramadan turun hingga Rasulullah SAW wafat, setidaknya Rasulullah SAW telah melaksanakan Sembilan kali puasa dalam Sembilan tahun.

Disamping itu, tahukah kamu bahwa sebelum adanya perintah dari Allah SWT mengenai puasa Ramadan, Nabi Muhammad SAW dan umatnya telah mengerjakan puasa di setiap bulannya pada tanggal 13, 14, dan 15.

BACA JUGA:Mau Tandingi Tur Taylor Swift Singapura, Luhut akan Buat Konser Ekslusif di Indonesia

Nabi Muhammad SAW dan umatnya juga berpuasa setiap tanggal 10 bulan Muharram atau biasa juga disebut sebagai puasa Asyura.

Selanjutnya, setelah 18 bulan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, lebih tepatnya pada bulan Syaban tahun kedua Hijriah, Allah SWT menurunkan perintah untuk wajib berpuasa kepada umat islam.

Allah SWT menurunkan perintah secara langsung kepada umat islam untuk melakukan puasa, yakni terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 185, yang artinya,

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: