Begini Sejarah dan Arti Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim: Sosok Ini yang Pertama Kali Berpuasa

Begini Sejarah dan Arti Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim: Sosok Ini yang Pertama Kali Berpuasa

Begini Sejarah dan Arti Puasa Ramadan Bagi Umat Muslim: Sosok Ini yang Pertama Kali Berpuasa--Pixabay.com

BACA JUGA:Sambut Bulan Suci Ramadan 1445 H, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Antusias Laksanakan Salat Tarawih

Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa orang-orang yang beriman wajib untuk berpuasa sebagaimana orang-orang terdahulu berpuasa. Puasa ini dilakukan selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

Puasa Ramadan menjadi suatu ibadah yang wajib untuk dijalankan oleh umat islam selama satu bulan penuh sesuai dengan rukun dan syariat agama.

Disamping itu, puasa juga merupakan bentuk penyempurnaan agama, sebagaimana bahwa puasa masuk dalam rukun islam yang ketiga, sehingga dengan ini umat muslim wajib menjalankannya, apabila seseorang tidak mengerjakannya, maka dirinya akan mendapat dosa. 

Arti Puasa Ramadan bagi Umat Muslim 

BACA JUGA:Sederhana Tapi Luar Biasa, 5 Sayur Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Sahur di Bulan Puasa Ramadan 2024

Selain kewajiban dan hikmahnya, puasa Ramadan juga diyakini memiliki berbagai keutamaan bagi umat muslim yang menjalankannya dengan penuh keimanan dan keikhlasan.

Berikut beberapa keutamaannya bulan Ramadan yaitu, bulan penuh keberkahan dan ampunan, dibukanya pintu surga, adanya malam lailatul qadar, turunnya Al-Quran , doa yang mustajab, serta bulan jihad dan perjuangan.

Wallahu a’lam. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: