Begini Ancaman Bagi Orang yang Sengaja Tak Puasa Ramadan: Dosa Berat dan Tak Ada Gantinya

Begini Ancaman Bagi Orang yang Sengaja Tak Puasa Ramadan: Dosa Berat dan Tak Ada Gantinya

Begini Ancaman Bagi Orang yang Sengaja Tak Puasa Ramadan: Dosa Berat dan Tak Ada Gantinya--Pixabay.com

BACA JUGA:Santri di Lampung Tewas, Diduga Dianiaya dan Dikeroyok Senior Saat Latihan Silat

Allah SWT juga berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 185, yang artinya berikut ini:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). 

Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah.

 Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. 

BACA JUGA:Angka Pernikahan di Indonesia Turun Selama 10 Tahun Terakhir, Hasil Penelitian Ini Penyebabnya

Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.”

Ancaman Bagi yang Meninggalkan Puasa

Sementara melansir dari buku Hadis Tarbawi karya Bukhari Umar, orang yang tidak memiliki uzur atau sesuatu yang menghalanginya untuk tidak berpuasa seperti sakit, bepergian, hamil dan menyusui, dan lanjut usia maka, tidak boleh meninggalkan puasa.

Sehingga, karena begitu besarnya dosa bagi orang yang sengaja meninggalkan puasa tanpa ada uzur, Rasulullah SAW mengancam orang-orang tersebut dengan ancaman berat, yaitu tidak dapat mengganti satu hari puasa yang ditinggalkannya walaupun ia berusaha membayarnya seumur hidup.

BACA JUGA:Prabowo Sebut Demokrasi Itu Sangatlah Melelahkan, Berantakan dan Mahal, Disorot Kembali Oleh Media Asing

Hal tersebut seperti yang dikatakan Sayyid Sabiq dalam Kitab Fiqih Sunnah dengan bersandar pada riwayat Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa tidak berpuasa sehari saja di bulan Ramadan, tanpa ada alasan atau tanpa mengalami sakit, maka dia tidak bisa menggantinya dengan puasa sepanjang masa, meski dia melakukannya." (HR Bukhari dan Muslim) Ibnu Mas'ud juga mengatakan demikian.

Selain itu, dalam riwayat lain Rasulullah SAW juga bersabda, 

“Barangsiapa yang tidak berpuasa sehari di bulan Ramadan, tanpa ada alasan yang dibenarkan oleh Allah, maka dia tidak bisa menggantinya meski dengan puasa setahun." (HR Abu Dawud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: