Deretan Pejabat yang Korupsi di Kabinet Presiden Jokowi, Rekor Baru: 6 Menteri dan 1 Wakilnya

Deretan Pejabat yang Korupsi di Kabinet Presiden Jokowi, Rekor Baru: 6 Menteri dan 1 Wakilnya

Deretan Pejabat yang Korupsi di Kabinet Presiden Jokowi, Rekor Baru: 6 Menteri dan 1 Wakilnya--instagram: sekretariat.kabinet

BACA JUGA:Kronologi Pelajar di Palembang Tewas Tenggelam di Danau OPI: Bercanda Menyelam Mau Beli Gorengan

Kelima nama Johnny G Plate selaku menkominfo juga masuk daftar ini. Ia didakwa ikut serta dengan beberapa pihak menyebabkan kerugian keuangan Negara hingga Rp8 triliun dengan proyek pengadaan menara pemancar atau BTS 4G di Kementerian Kominfo.

Adapun, Johnny ditetapkan tersangka oleh penyidik Kejagung pada 2023. Dalam surat dakwaan yang dibacakan oleh jaksa beberapa waktu lalu, dia didakwa memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi sebesar Rp17,8 miliar. 

Salah satu poin dakwaan menyebut mantan anggota DPR itu meminta Rp500 juta per bulan dari pihak swasta hingga mencapai Rp10 miliar.

6. Syahrul Yasin Limpo

BACA JUGA:Komedian Dede Sunandar Dikabarkan Sakit Infeksi Paru-paru, Berikut Kondisinya

Nama Syahrul Yasin Limpo juga sebagai tersangka dalam dugaan korupsi di kementerian. KPK telah mengungkapkan secara resmi status hukum kader Partai NasDem itu.

Selain itu, penyidik KPK juga telah menggeledah rumah dinas, rumah pribadi, dan ruang kerjanya serta menyita alat bukti berupa dokumen fisik, elektronik, uang puluhan miliar, hingga belasan pucuk senjata api.

7. Edward Omar Sharif Hiariej 

Terakhir, KPK juga menetapkan Wakil Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi.

BACA JUGA:Mantan Menpora Imam Nahrawi yang Korupsi Bebas Bersyarat dari Lapas Sukamiskin

Perkara dugaan korupsi yang menjerat Eddy ini berawal dari laporan Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso terkait dugaan penerimaan gratifikasi Rp 7 miliar pada 14 Maret 2023. 

Eddy diduga menerima gratifikasi sebesar Rp 7 miliar dari pengusaha bernama Helmut Hermawan yang meminta konsultasi hukum.

Nah, itulah sederet nama menteri dan satu orang wakil menteri yang terlibat dalam kasus korupsi dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: