Catat dan Pahami 7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini

Catat dan Pahami 7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini

Catat dan Pahami 7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini--Pixabay.com

BACA JUGA:Jangan Lupakan 7 Amalan yang Harus Kamu Lakukan dalam Menyambut Bulan Ramadan 1445 H

Pertama, hal yang harus dilakukan orang tua adalah dengan cara memberikan pemahaman yang tepat. 

Jelaskan secara singkat mengapa umat Islam harus berpuasa selama bulan Ramadan. 

Saat menjelaskan, sebaiknya gunakan bahasa yang sesuai dengan si Kecil. Dengan begitu, mereka lebih mudah untuk memahaminya.

2. Ajarkan anak puasa pada usia yang tepat 

BACA JUGA:5 Persiapan Menjelang Bulan Ramadan, Sudahkah Kamu Siap

Selanjutnya, para orang tua perlu tahu pentingnya untuk mempertimbangkan apakah si kecil sudah mampu untuk berpuasa sebelum mulai mengajarkannya.

Para orang tua disarankan untuk mengajarkan anak puasa menjelang masa pubertas atau setidaknya saat si Kecil sudah berusia 6—7 tahun, tetapi perlu disesuaikan lagi dengan kemampuan anak.

Selain itu, sebenarnya usia anak untuk mulai belajar puasa juga bisa lebih cepat tergantung kesiapan orangtua dan si kecil.

Oleh karenanya, ada baiknya orang tua juga menanamkan motivasi pada anak, tidak memberi tekanan sehingga anak berpuasa tanpa paksaan. Ketika anak berpuasa tanpa dipaksa, orangtua bisa membimbing dan memandunya selama ibadah puasa.

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Makan di Bulan Ramadan sesuai Alquran dan Hadits

3. Lakukan secara bertahap

Selanjutnya untuk mengajar anak berpuasa sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sebba bagi si kecil mungkin akan terasa sulit bila harus berpuasa satu hari.

Oleh karenanya, sebagai tahap awal perkenalan anak dengan puasa, mulai ajari anak untuk puasa selama setengah hari atau dari pagi hingga waktu makan siang.

Setelahnya, orangtua dapat mencoba menambah waktu puasa secara perlahan hingga anak dirasa mampu untuk puasa sampai sore hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: