5 Penyebab Seseorang Susah Buang Air Besar, Sebaiknya Jangan Dipaksakan

5 Penyebab Seseorang Susah Buang Air Besar, Sebaiknya Jangan Dipaksakan

5 Penyebab Seseorang Susah Buang Air Besar, Sebaiknya Jangan Dipaksakan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui 5 penyebab seseorang mengalami susah buang air besar, sebaiknya jangan dipaksakan, susah buang air besar (BAB) merupakan kondisi yang dapat membuatmu menjadi tidak nyaman.

Kondisi ini disebut juga sebagai sembelit sementara dalam bahasa medis disebut konstipasi. 

Sembelit atau susah BAB ini terjadi ketika frekuensi buang air besar (BAB) berkurang. Meskipun, pada dasarnya frekuensi BAB pada setiap orang bisa berbeda-beda.

Sehingga tidak ada patokan mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

BACA JUGA:Ummi Wisata Travel Lubuk Linggau Kembali Berangkatkan Jemaah Umrah

Akan tetapi, jika tidak buang air besar selama lebih dari 3 hari atau frekuensi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu telah menjadi tanda bahwa Anda mengalami susah buang air besar.

Nah, disamping itu tahukah kamu ada beragam penyebab susah buang air besar, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Oleh karena penyebabnya beragam maka, penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memicu sembelit agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari berbagai sumber, 5 penyebab susah BAB berikut ini.

BACA JUGA:Ayah Nagita Slavina Diperiksa Lagi, Kasus Dugaan Pemalsuan Surat, Gideon Tengker: Biasa-biasa Aja

5 Penyebab Seseorang Susah BAB

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Pertama, penyebab susah BAB ialah dapat dikarenakan pola makan yang tidak sehat, seperti kurang mengkonsumsi serat atau cairan, dapat memicu terjadinya konstipasi.

Tidak hanya itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu juga bisa menjadi penyebab susah buang air besar, loh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: