Begini Cara Mengatasi Susah BAB saat Puasa, Lakukan Hal Mudah ini

Begini Cara Mengatasi Susah BAB saat Puasa, Lakukan Hal Mudah ini

Begini Cara Mengatasi Susah BAB saat Puasa, Lakukan Hal Mudah ini--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui begini cara yang tepat untuk mengatasi susah buang air besar (BAB) pada saat puasa, lakukan hal berikut ini.

Saat puasa tentunya kita menginginkan kondisi badan yang sehat agar tidak mengganggu kenyamanan dalam berpuasa.

Susah Buang Air Besar (BAB) menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering muncul pada sebagian orang, bahkan hal itu membuat rutinitas BAB jadi menyakitkan dan mengganggu puasa anda.

Meskipun sebenarnya wajar bila anda lebih jarang buang air besar saat puasa daripada yang biasanya. Sebab anda cenderung makan lebih sedikit selama puasa sehingga BAB pun juga sedikit.

BACA JUGA:Dramatis, Saat Salat Tarawih Puting Beliung Terjang Desa Lubuk Tua Musi Rawas, 15 Rumah Rusak

Akan tetapi, jika anda mendapati tanda-tanda perut kembung atau harus mengejan lebih keras saat BAB, kemungkinan besar anda mengalami sembelit.

Sembelit sendiri merupakan kondisi umum yang dialami saat puasa. Dalam kebanyakan kasus, susah BAB saat puasa terjadi karena organ usus besar menyerap terlalu banyak air dari makanan yang berada di dalamnya.

Semakin lambat makanan bergerak melalui saluran pencernaan maka, semakin banyak air yang akan diserap usus besar lainnya.

Sehingga mengakibatkan kotoran menjadi kering dan keras sehingga frekuensi untuk buang air besar juga berkurang.

BACA JUGA:DPD Partai NasDem Lubuk Linggau Laksanakan Safari Ramadan di Mushollah Fathurrahman

Lantas, jika sudah mengalami susah BAB atau sembelit, apa yang harus dilakukan? Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda mengutip dari berbagai sumber di bawah ini.

Cara Mengatasi susah BAB saat Puasa

Meskipun memang sulit untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan selama puasa telah terpenuhi. Namun, anda bisa mengakalinya dengan rutin minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, dari saat sahur, berbuka hingga di malam hari totalnya 8 gelas.

Anjuran tersebut bisa kamu penuhi dengan minum 2 gelas air putih saat berduka, 4 gelas sebelum tidur dan 2 gelas di waktu sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: