50 Pengungsi Rohingya Datang lagi di Aceh Timur, Bersembunyi di Semak-Semak hingga BAB Sembarangan

50 Pengungsi Rohingya Datang lagi di Aceh Timur, Bersembunyi di Semak-Semak hingga BAB Sembarangan

Ada sekitar 50 pengungsi Rohingya datang kembali di Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Aceh pada Kamis, 14 Desember 2023.--Instagram @sedangrame

ACEH, LINGGAUPOS.CO.ID - Ada sekitar 50 pengungsi Rohingya datang kembali di Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten ACEH Timur, ACEH pada Kamis, 14 Desember 2023.

Diambil dari berbagai sumber dan unggahan pada akun Instagram @sedangrame, yang dikutip LINGGAUPOS.CO.ID pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Kapolsek Darul Aman, Iptu Syamsul Bahri memberitahu adanya pengungsi Rohingya yang mendarat di wilayah Aceh Timur ini.

Dari pihaknya mengetahui para pengungsi Rohingya ini datang saat warga menemukan empat orang dari mereka yang sedang berjalan kaki di desa tersebut. 

BACA JUGA:Abang India Beritahu, 3 Risiko Jika Warga Rohingya Masuk ke Indonesia

"Setelah dilakukan interogasi terhadap empat warga Rohingya tadi, kami melakukan penyisiran, alhasil ditemukan sebanyak 48 Rohingya yang lain di seputar Desa Seuneubok Baro, selanjutnya mereka disatukan di TPI Pelabuhan Idi Cut, " ucapnya. 

Sembari masih menunggu proses lebih lanjut, 50 warga Rohingya ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan dari petugas UPTD Puskesmas Darul Aman. Menurut informasi pengungsi Rohingya ini semuanya berjenis kelamin laki-laki. 

Protection Associate United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Indonesia, Faisal Rahman menjelaskan para pengungsi ini datang pada hari Kamis dini hari. 

Menurut informasi saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. 

BACA JUGA:8 Imigran Rohingya Masuk Wilayah NTT, Mereka Punya KTP Indonesia, Kok Bisa

"Untuk detailnya saya belum bisa komentar, karena baru dapat informasi ada pengungsi saja di Aceh Timur yang disampaikan Kesbangpol, " ujarnya. 

Diketahui dari berbagai sumber, para pengungsi ini ditemukan di sejumlah lokasi yang berbeda-beda. Mereka ini diduga berpencar setelah turun dari kapal. 

Pengungsi yang datang ini, merupakan gelombang ke-10 Rohingya yang mendarat di Aceh sejak 14 November 2023. Empat gelombang mendarat di Pidie, dua gelombang di Sabang, Aceh Timur dua gelombang dan Aceh Besar, Bireuen masing-masing satu gelombang. 

Warga terkejut ketika melihat puluhan para pengungsi Rohingya yang datang ini mereka sedang berada di semak-semak kampung mereka, seperti tamu yang tidak diundang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: