Indonesia Siap Luncurkan Satelit Baru Merah Putih 2 untuk Pemerataan Digital, Simak Tanggalnya

Indonesia Siap Luncurkan Satelit Baru Merah Putih 2 untuk Pemerataan Digital, Simak Tanggalnya

Indonesia siap luncurkan satelit baru Merah Putih 2 untuk pemerataan digital.--Instagram @infipop.id

LINGGAUPOS.CO.ID – Telkom lewat anak usaha Telkomsat akan siap luncurkan satelit baru yang dijadwalkan pada 20 Februari 2024 langsung dari Cape Canaveral, Florida, AS.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Sabtu, 17 Februari 2024, satelit yang akan diluncurkan ini diberi nama dengan Satelit Merah Putih 2.

Dijelaskan lebih lanjut, satelit ini termasuk dalam kategori High Throughput Satellite (HTS) yang dirancang untuk menyediakan kapasitas transmisi data yang jauh lebih tinggi dibandingkan satelit tradisional.

Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama Telkom sebelumnya sudah membocorkan rencana mengenai peluncuran satelit Telkomsat di sela-sela acara Telkom ESG Day di Yogyakarta pada November 2023 lalu.

BACA JUGA:Mulai dari Rp9.999.000, Inilah Harga iPhone 13 Series Terbaru Per Februari 2024

"Satelit Merah Putih 2 menjadi harapan sekaligus wujud komitmen Telkom untuk mendukung pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia, melengkapi infrastruktur darat dan laut yang kami miliki," ucapnya.

"Telkom meyakini dengan adanya pemerataan akses informasi ini diharapkan dapat mengakselerasi digitalisasi masyarakat di berbagai aspek,” sambungnya.

Diketahui, Satelit Merah Putih 2 sendiri menggunakan Spacebus 4000B2, platform yang sama dipakai pada satelit Telkom 3S.

Telkom juga kembali mempercayakan Thales Alenia Space untuk merakit Satelit Merah Putih 2 per Oktober 2021.BACA JUGA:Inilah Harga dan Spesifikasi Handphone iPhone 13 Series Terbaru Februari 2024, Cek di Sini

Selain itu Spacebus 4000B2 memiliki kapasitas transmisi besar dengan bodi yang lebih kecil dan ringan.

Cocok untuk menampung Satelit Merah Putih 2 berkapasitas lebih dari 32 gigabit per detik atau gigabit per second/Gbps yang mencakup seluruh area Indonesia dengan frekuensi C-Band dan Ku-Band.

Lebih lanjut dijelaskan Satelit Merah Putih 2 akan mengisi slot orbit 113 derajat Bujur Timur (BT). 

Diketahui, benda angkasa ini memiliki masa operasi hingga 15 tahun.

BACA JUGA:Cek Disini Daftar Harga HP Samsung Rp17 Juta Hingga Rp20 Jutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: