Apakah Pilpres 2024 Bakal Dua Putaran, Begini Alasan Kenapa Bisa Terjadi

Apakah Pilpres 2024 Bakal Dua Putaran, Begini Alasan Kenapa Bisa Terjadi

Apakah Pilpres 2024 Bakal Dua Putaran, Begini Alasan Kenapa Bisa Terjadi--instagram: pr2bowo_gibran

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Hutang dalam Islam, Muslim Wajib Tahu

Nantinya, jika hal diatas terjadi, yaitu syarat terjadinya dua putaran di mana ada dua paslon yang memiliki perolehan suara terbanyak, berdasarkan pada aturan.

Maka, kembali pada pasal 416 Ayat (2) UU Pemilu menyebutkan, jika tidak ada paslon yang berhasil meraih suara melebihi 50% dari total suara dalam Pilpres dengan minimal 20% suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia, maka akan dilakukan pemilu putaran kedua.

Dalam situasi tersebut, pemilih akan kembali memberikan suara mereka untuk yang kedua kalinya karena  akan dilakukan pemungutan suara lagi.

Adapun, pelaksanaan pemilu putaran kedua akan diikuti oleh paslon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua. 

BACA JUGA:Beredar Isu Pelanggan Air di Empat Lawang Diminta Rp650 Ribu, Dirut PT Tirta Seguring Betung: Itu Tidak Benar

Selanjutnya, paslon yang memperoleh suara terbanyak dalam putaran kedua tanpa perlu lagi mempertimbangkan persebaran perolehan suara (>50%), dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: