Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam Digantikan Tito Karnavian Asal Palembang, Begini Sosoknya

Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam Digantikan Tito Karnavian Asal Palembang, Begini Sosoknya

Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam Digantikan Tito Karnavian Asal Palembang, Begini Sosoknya--instagram: titokarnavian

LINGGAUPOS.CO.ID - Mahfud MD resmi mundur sebagai Menkopolhukam digantikan dengan Tito Karnavian asal Palembang, begini sosoknya.

Mahfud MD yang ingin mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) telah disetujui oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Mahfud MD telah menyampaikan surat pengunduran dirinya ke Presiden Joko Widodo di istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis 1 Februari 2024.

Presiden Jokowi telah menyetujui pengunduran Mahfud tersebut, Jokowi pun menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Mahfud.

BACA JUGA:Herman Deru Mantan Gubernur Sumsel Buka Suara Usai Dilaporkan ke Bareskrim Polri atas Kasus RUPSLB

Seperti yang disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana di istana Kepresidenan pada Jumat, 2 Februari 2024.

“Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitive,” Ujarnya.

Adapun diketahui, Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 1964.

Ia juga pernah menempuh pendidikan menengah atas di SMA Negeri 2 Palembang dan dinyatakan lulus pada 1983.

BACA JUGA:Mantan Gubernur Sumsel Herman Deru Jadi Gubernur Terkaya di Sumatera, ini Profilnya

Kemudian, setelah taman SMA, Tito Karnavian melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) dan menjadi lulusan terbaik dengan penghargaan bintang Adhi Makayasa pada 1987.

Selain itu, ia juga meraih gelar Master of Arts in Police Studies dari University OF Exeter, inggris pada 1993.

Diketahui pula, Saat di Kepolisian, Tito pernah menempuh studi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan menyandang gelar lulusan terbaik peraih bintang Wiyata Cendekia pada 1996.

 Ia juga pernah mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Polisi Republik Indonesia (Sespim Lemdiklat Polri) pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: