NASA Temukan Ukuran Bulan Menyusut, Ilmuwan Keluarkan Peringatan

NASA Temukan Ukuran Bulan Menyusut, Ilmuwan Keluarkan Peringatan

NASA temukan ukuran bulan menyusut.--Freepik

BACA JUGA:Oknum Camat Nibung Muratara Tersangka Kasus Narkoba, Polisi Kenakan Pasal Berlapis

Dikatakan dengan teknologi terkini dan informasi baru, dapat ditentukan di mana lokasi yang paling aman untuk pendaratan astronot di Bulan nantinya.

"Di kala kita semakin dekat dengan misi Artemis, penting untuk menjaga astronaut, peralatan dan infrastruktur kita seaman mungkin," ucap salah seorang ilmuwan.

Bulan yang dulunya memiliki suhu yang lebih panas, namun satelit alami Bulan belakangan ini mendingin seiring berjalannya waktu. Kondisi yang dialami ini lah yang besar dampaknya sebab menyebabkan Bulan menyusut.

Selain itu penelitian tersebut juga menemukan bahwa beberapa lereng permukaan di wilayah tersebut sangat rentan pecah akibat dari guncangan.

BACA JUGA:JPU Tuntut 3 Terdakwa Kasus BUMD Mura Sempurna, ini Tuntutannya, Berapa Akan Divonis

"Anda bisa membayangkan permukaan Bulan kering, dipenuhi kerikil dan debu. Selama miliaran tahun, permukaannya telah dihantam oleh asteroid dan komet, sehingga fragmen sudut yang dihasilkan terus-menerus terlontar akibat benturan tersebut," kata rekan penulis Profesor Nicholas Schmerr, dari University of Maryland.

"Hasilnya, material permukaan yang dikerjakan ulang dapat berukuran mikron hingga seukuran batu besar, namun semuanya terkonsolidasi dengan sangat longgar. Sedimen yang lepas sangat memungkinkan terjadinya guncangan dan tanah longsor," ucapnya.

Para peneliti saat ini terus berupaya memahami wilayah Bulan yang mungkin memiliki risiko seismik signifikan.

Daerah-daerah ini harus dihindari untuk pemukiman permanen di masa depan, namun kunjungan singkat pun mungkin dapat berisiko jika terlalu dekat dengan lereng yang goyah.

BACA JUGA:Pembahasan Tatib Pemilihan Ketua PWI Sumatera Selatan Alot, Pimpinan Sidang Hujan Interupsi

Itulah informasi seputar NASA temukan ukuran Bulan menyusut. Semoga bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di sudut kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: