Solusi Beralih dari Merokok, Inilah Produk Tembakau Alternatif, Opsi untuk Perokok Dewasa

Solusi Beralih dari Merokok, Inilah Produk Tembakau Alternatif, Opsi untuk Perokok Dewasa

Produk tembakau alternatif.--pixabay.com

BACA JUGA:Waduh, Kurir Sabu 60 Kg Ini Nyanyi Lagu Iwan Fals Saat Ditangkap BNN: Mencoba Sembunyi Tapi BNN Mengikuti

“Namun sering kali tidak mudah didapat atau dijangkau di negara-negara berkembang seperti Indonesia, di mana mayoritas perokoknya berasal dari kalangan berpenghasilan rendah,” ucap gelar peraih PhD di bidang Imunologi-Mikrobiologi dari Australian National University, Canberra, Australia ini.

Selanjutnya, pendekatan produk tembakau alternative. Tikki mengatakan produk tersebut merupakan salah satu solusi paling efektif untuk membantu perokok dewasa beralih dari kebiasaannya sekaligus mengurangi bahaya kesehatan akibat merokok.

Produk seperti rokok elektronik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin terbukti secara signifikan memiliki potensi risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok.

“Produk tembakau alternatif bahkan lebih efektif daripada NRT dalam membantu perokok dewasa yang ingin beralih dari kebiasaannya,” tegasnya.

BACA JUGA:Ngeri, Penjual Semangka Tewas Disiram Air Keras dan Dibacok di Pasar Induk Kramat Jati Oleh Pria Misterius

November 2022 lalu, Cochrane Review pada laporannya mengatakan penggunaan rokok elektrik selama enam bulan lebih efektif meningkatkan angka berhenti merokok yang signifikan untuk perokok dewasa daripada terapi pengganti nikotin.

Tikki berharap, pemerintah Indonesia bisa menerapkan strategi komprehensif, termasuk pemanfaatan produk tembakau alternatif, untuk memitigasi epidemi merokok.

Bukan hanya itu, Pemerintah Indonesia juga diharapkan bisa terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya merokok dan membantu perokok dewasa berhenti dari kebiasaannya.

“Hal ini membutuhkan kemauan dan komitmen politik, sumber daya, dukungan dari para pemangku kepentingan dan kebijakan yang rasional untuk memberikan sarana dan prasarana yang adil dalam menjangkau berbagai metode yang ada bagi mereka yang ingin berhenti dari kebiasaan yang mematikan ini,” terangnya.

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Pria, Bikin Perkasa dan Tahan Lama

Itulah informasi seputar produk tembakau alternatif, opsi untuk perokok dewasa. Semoga bermanfaat. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: