Catat, 4 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pahit pada Kopi, Nikmatnya Kopi Makin Terasa

Catat, 4 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pahit pada Kopi, Nikmatnya Kopi Makin Terasa

Catat, 4 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pahit pada Kopi, Nikmatnya Kopi Makin Terasa--Pixabay.com

BACA JUGA:12 Cara Membuat Lulur Kopi, Tak Perlu ke Salon Kulit jadi Cerah dan Lembut

Cara yang pertama yaitu, perhatikan temperatur air yang digunakan untuk membuat kopi. Pasalnya banyak yang menyangka bahwa untuk menyeduh kopi diperlukan air mendidih atau air yang temperaturnya kira-kira lebih dari 100 derajat. 

Tetapi sesungguhnya hal ini tak melulu benar.  Justru air yang temperaturnya terlalu panas akan menyebabkan rasa kopi yang kamu seduh akan menjadi semakin pahit. 

Semakin panas airnya, maka akan semakin pahit kopinya. Begitulah kira-kira teori sederhananya. Maka dari itu, jika kamu hendak menyeduh kopi, kurangilah temperatur airnya, ya.  Kamu bisa menggunakan termometer dan menggunakan air di temperature 85 – 90 derajat saja.

2. Gunakan Kopi yang Disangrai Light Roast

BACA JUGA:Anggota Geng Motor Lubuklinggau Anak-anak dan Pelajar, ini Peran Masing-masing

Cara yang kedua dalam mengurangi rasa pahit kopi, jadi rasa pahit kopi datang dari proses roasting. Roasting kopi adalah proses pemanggangan biji kopi untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang terkunci di dalam biji kopi tersebut.

Nah, pada mulanya biji kopi tidaklah pahit. Ceri kopi (buah kopi) malah berasa manis dan green bean juga tidak ada unsur pahitnya. 

Justru rasa pahit kemudian muncul dari proses penyangraian. Oleh karenanya untuk kamu yang tak suka pahit, pilihlah biji kopi yang di-roasting pada level light atau at least light to medium.

 Jangan pilih biji kopi yang di-roasting pada level dark karena pastilah akan sangat pahit. Selain itu biji kopi yang disangrai terlalu gelap juga akan menghilangkan flavor dan notes yang memang ada pada karakter biji kopi tersebut.

BACA JUGA:Pimpin Salat Subuh Imam Masjid di Balikpapan Meninggal Dunia Pada Saat Sujud, Videonya viral di Media Sosial

3. Jangan Gunakan Kopi yang Digiling Terlalu Halus

Kecuali untuk espresso, itu lain ceritanya. Namun jika kamu menyeduh kopi secara manual (tergantung metode yang digunakan), jangan menggunakan bubuk kopi yang digiling terlalu halus karena itu akan menyebabkan kopi menjadi semakin pahit. 

Sedangkan jika menggunakan bubuk kopi yang terlalu kasar, maka hasil kopi akan menjadi asam. Untuk itu, gunakan ukuran yang pas sesuai dengan metode yang digunakan. Jika salah memilih ukuran gilingan maka hasilnya akan salah pula.

4. Jangan Membiarkan Kopi Terlalu Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: