Ternyata Indonesia Jadi Negara Pertama yang Menerapkan MLFF Sistem Pembayaran di Jalan Tol

Ternyata Indonesia Jadi Negara Pertama yang Menerapkan MLFF Sistem Pembayaran di Jalan Tol

Ternyata Indonesia Jadi Negara Pertama yang Menerapkan MLFF Sistem Pembayaran di Jalan Tol--instagram: pupr_bpjt

BACA JUGA:Tegas Menolak Sitem MLFF Pengganti Kartu Tol 2024, Anggota Komisi VI DPR RI: Ini Adalah Pemaksaan

“Uji coba akan dimulai pada Desember 2023, tetapi bukan berarti kita bakal menyelesaikan semua uji coba pada tahun ini.” Kata Gyula.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa proses uji coba MLFF akan dilaksanakan pada awal tahun depan.

“Kita akan melanjutkan uji coba pada Januari 2024 dan Februari 2024 kita akan melakukan proses evaluasi bersama dengan Kementerian PUPR” Ucap Gyula.

Lebih lanjut, Gyua mengungkapkan, apabila hasil evaluasi menunjukkan hasil optimal, pihaknya optimis sistem MLFF dapat segera diterapkan pada 6 ruas utama di Indonesia.

BACA JUGA:Terbaru, Roatex Akan Evaluasi Uji Coba MLFF Pengganti Kartu Tol 2024, Evaluasi Perdana

Seperti yang diketahui jika, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping (menempelkan) kartu e-toll mulai 2024.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang akan menerapkan secarah penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem  multilane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol pada 2024. 

Menariknya, ternyata Indonesia adalah Negara ASEAN yang pertama kali mencoba menerapkan sistem tersebut, bahkan delegasi Intelligent Transport System (ITS) Malaysia akan berkunjung ke Control Center RITS  untuk mempelajari sistem MLFF. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: