Ketahui, ini 10 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui, ini 10 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan -foto: agung perdana linggaupos.co.id-

BACA JUGA:Stop Kebiasaan Tidur di Dekat HP Bisa Menyebabkan Penyakit

Ekstrak bijinya juga dapat melawan radikal bebas dan menurunkan kemungkinan terkena kanker. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai minuman atau langsung memakannya.

Tanin merupakan salah satu kandungan yang ada pada makanan ini. Salah satu keunggulan bahan kimia polifenol yang berasal dari tumbuhan ini, juga dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh akibat radikal bebas. 

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat petai cina dengan penyakit kanker.

3. Petai cina dapat menjaga kesehatan mata

BACA JUGA:PPPK Ibu Kota Nusantara IKN 2023 Membuka Lowongan Kerja Ratusan Formasi, Berikut Syarat Lengkapnya

Terlalu sering bekerja di depan gadget tentu akan memengaruhi kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam tumbuhan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kamu bisa menjadikan petai cina sebagai variasi menu di rumah selain wortel untuk menjaga kesehatan mata karena terlalu banyak di depan gadget.

4. Mengatasi infeksi di saluran pencernaan

Daun petai cina merupakan bagian yang mengandung manfaat terbesar. Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang terdapat pada daun ini memiliki sifat antibakteri. Daun ini bisa mengobati infeksi Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

BACA JUGA:Program Kartu Prakerja dan Bagaimana Tahapan Pembuatan Akun Prakerja Simak Selengkapnya

Bakteri-bakteri inilah yang sering menyebabkan infeksi gastrointestinal yang menyebabkan penyakit diare, mual, dan ketidaknyamanan perut.

Alkaloid, flavonoid, dan tanin juga dapat menghentikan pertumbuhan kedua bakteri ini, mencegahnya tetap berada di saluran pencernaan untuk waktu yang lama.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Bagian daun petai cina juga sering menjadi bahan alami dalam pengobatan tradisional untuk meredakan pembengkakan, iritasi, dan luka terbuka. Karena daun ini mengandung zat kimia saponin yang mempercepat proses penyembuhan luka terbuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber