Buah-buahan ini Menjadi Sambal Khas Sumatera Selatan yang Mengunggah Selera, Penikmat Sambal Wajib Coba

Buah-buahan ini Menjadi Sambal Khas Sumatera Selatan yang Mengunggah Selera, Penikmat Sambal Wajib Coba

Sambal Tempoyak--Facebook

SUMSEL, LINGGAUPOS.CO.ID - Sambal merupakan sajian pelengkap yang wajib ada saat sedang bersantap makan, terutama bagi pecinta pedas, tak afdol rasanya jika tidak ditemani oleh sambal.

Sumatera Selatan, dengan ibukota  di Palembang memiliki beragam sambal khas yang dapat menambah nikmat saat makan.

Bagi orang Sumatera Selatan, sambal menjadi komponen yang wajib ada di setiap hidangan makanannya, ketika makan tetapi tidak dilengkapi dengan sambal akan terasa ada yang kurang, karena bagi sebagian orang sambal menjadi bumbu penyedap dalam makanan.

Nah, berbicara mengenai sambal, ternyata ada sambal yang terbuat dari jenis buah-buahan, Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya, 5 Sambal Buah-buahan Khas Sumatera Selatan:

BACA JUGA:Habitat Ikan Semah yang Harga Per Ekornya Rp6 Juta, Berada di Perbatasan 2 Negara, Punya Nama Lain Wang Puliau

1. Sambal Mangga Matah


Sambal Mangga--cookpad.com

Bagi orang yang berdomisili di luar Provinsi Sumatera Selatan, mungkin mendengar nama Sambal Mangga Matah tidak familiar atau bahkan terkesan aneh. Tapi di Palembang Sambal Mangga Matah merupakan sambal sederhana yang biasa dihidangkan pada saat makan bersama nasi.

Mangga dengan keadaan yang masih mata biasanya dijadikan sambal, karena memberikan nuansa rasa sedikit asam bercampur dengan pedas cabai sehingga sambal ini memiliki cirri khas tersendiri.

2. Sambal Embam


Sambal Embam--cookpad.com

Tidak berbeda dengan Mangga, buah Embam juga menjadi salah satu buah yang biasa dijadikan sambal. Tetapi embam pada umumnya dijadikan sambal adalah buah embam yang telah matang.

Sambal buah embam ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan lauk pauk seperti ayam goring, tempe tahu goreng, dan kerupuk.

Meski sambal embam tergolong sederhana namun, bisa membuat kalian ketagihan dan nambah nasi saat makan.

3. Sambal Binjai/Kemang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: