TNKS: Bunga Bangkai di Taba Remanik Musi Rawas, Tumbuhan Dilindungi Negara, Jaga Kelestariannya

TNKS: Bunga Bangkai di Taba Remanik Musi Rawas, Tumbuhan Dilindungi Negara, Jaga Kelestariannya

Tim dari TNKS cek bunga bangkai di Desa Taba Remanik Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID – Petugas dari Taman Nasional Kerinci Sebelat (TKNS) mengecek keberadaan bunga bangkai Amorphophallus titanum, yang tumbuh di Desa Taba Remanik Kecamatan Selangit Kabupaten MUSI RAWAS.

Kepala SPTN BBTNKS Wilayah V Sumatera Selatan Hendrimon Syadri menjelaskan, tim dari TNKS sudah datang ke lokasi pada Kamis 10 Agustus 2023.

Setelah tiba di lokasi dan melakukan pengecekan titik koordinat, dipastikan tumbuhan langka itu berada di luar wilayah TNKS.

“Ini baru pertama kali kami dapatkan informasi bunga bangkai tersebut tumbuh di sana,” jelasnya kepada LINGGAUPOS.CO.ID, Senin 14 Agustus 2023.

BACA JUGA:Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Warga Taba Remanik Musi Rawas, Butuh Waktu Berjam-jam ke Lokasi

Namun diperkirakan di daerah tersebut adalah habitat dari Amorphophallus titanum. “Ini baru pertama kali kita dapat informasinya di sana, besar kemungkinan di daerah sekitar bisa jadi merupakan habitat tumbuhan ini,” katanya.

Karena itu juga, pihaknya menghimbau kepada masyarakat sekitar utukk ikut menjaga kelestarian tumbuhan langka.

“Karena statusnya dilindungi oleh negara berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku,” ia menjelaskan.

BACA JUGA:Ini 7 Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Tubuh, Salah Satunya Mencegah Diabetes

Bunga bangkai jenis Amorphophallus titanum ditemukan tumbuh di kebun milik warga Desa Taba Remanik Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas.

Flora langkah ini, tumbuh di kebun milik Riyum, dengan tinggi sekitar 2,3 meter dan berdiameter kelopak bunganya mencapai 80 centimeter.

Untuk mencapai lokasi tumbuhnya Amorphophallus Titanum ini tidak mudah. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam jika tidak berhenti dari Desa Taba Remanik.

Namun rombongan wartawan yang datang ke lokasi, dari Desa Taba Remanik membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa ke lokasi. Karena harus bertanya kepada beberapa petani, agar sampai di lokasi.

BACA JUGA:Komentari Lempar Bunga dan Joget Maumere di Resepsi Pernikahan, ini Isi Lengkap Himbauan MUI Lubuklinggau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: