6 Pelajar MTsN 1 Lubuklinggau Siap Berkompetisi dalam Lomba KSM 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau

6 Pelajar MTsN 1 Lubuklinggau Siap Berkompetisi dalam Lomba KSM 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau

Kasi Penmad, Drs H Habibullah, M.Ag foto bersama enam pelajar MTsN 1 Lubuklinggau usai pembukaan Lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau di MAN 2 Lubuklinggau, Sabtu 8 Juli 2023.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau menggelar Lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau di MAN 2 Lubuklinggau, Sabtu 8 Juli 2023.

Kegiatan KSM ini dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau H Abdul Harris Putra, S. Ag, M.Pd.I diwakili Kasubbag TU, H Muhammad Rais, M.Pd.I.

Pembukaan KSM Tingkat Kota Lubuklinggau ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh H Muhammad Rais didampingi Kasi Penmad, Drs H Habibullah, M.Ag serta beberapa pejabat di lingkungan Kemenag Kota Lubuklinggau termasuk Kepala Madrasah Negeri maupun swasta.

Dari 148 pelajar, setidaknya ada enam pelajar MTsN 1 Lubuklinggau mengikuti Lomba KSM tahun 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau dan siap berkompetisi. 

BACA JUGA:Jabatan Kepala MAN dan MTS di Lubuklinggau Dirombak, Juga 29 Kepala Madrasah Lainnya di Sumatera Selatan

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau H Abdul Harris Putra, S. Ag, M.Pd.I diwakili Kasubag TU, Muhammad Rais menjelaskan kegiatan KSM 2023 ini kegiatan nasional mulai dari Tingkat Kabupaten/Kota dilanjutkan ketingkat provinsi dan pemenangnya akan mewakili Provinsi Sumsel ke tingkat Nasional.

“Karena ini kegiatan nasional maka tentu kita sebagai entitas dari Kemenag dalam hal ini Kemenag Kota Lubuklinggau mesti wajib mengadakan kegiatan seperti ini,"katanya.

Menurutnya, tujuan KSM ini untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, akhlak mulia, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan selalu memotivasi kepada siswa-siswi madrasah untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama.

"Kami berharap dengan diadakan lomba KSM ini, berkembangnya bakat dan minat siswa-siswi di bidang Sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains," ungkapnya.

BACA JUGA:MTsN 1 Lubuklinggau Laksanakan Simulasi ANBK

Kemudian, peserta lomba diharapkan mampu untuk terus mengawal cikal bakal integrasi ke ilmuan itu sendiri, karena kita tahu di dalam Islam itu tidak ada perbedaan antara ilmu umum dan ilmu agama sebetulnya.

"Dengan KSM ini diharapkan dapat meningkatkan gairah siswa madrasah dalam mengasah kemampuan berkembangnya budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa-siswi madrasah itu sendiri, mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat terjaringnya bibit unggul dan berprestasi,"harapnya.

“Sebagai calon peserta ajang KSM  tingkat internasional nantinya, dan dihasilkannya siswa siswi terbaik di setiap bidang dan menjadi sumberdaya manusia yang mencintai bidang keilmuanya,” jelasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba KSM 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau, Habibullah Angkasa mengatakan,"Untuk kegiatan ini dilaksanakan secara serentak berbasis komputer selama 3 hari yakni tanggal 8, 9 dan 10 Juli 2023,"katanya.

BACA JUGA:Pelajar MTsN 1 Lubuklinggau Raih Juara KSM dan Siap Berlaga di KSM Tingkat Provinsi

Habibullah menjelaskan mata pelajaran dilombakan untuk Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yakni Matematika dan IPA sedangkan Tingkat MTs 3 yang dilombakan yakni Matematika, IPA dan IPS.

Kemudian, untuk Madrasah Aliyah (MA) yang dilombakan enam bidang studi yakni Matematika, Fisika, Biologi, Geografi, Ekonomi, dan Kimia.

"Dalam KSM Tahun 2023 ini diikuti 148 orang dengan rincian untuk kategori yakni MI diikuti 35 peserta, kategori MTs diikuti 42 peserta  dan kategori MA diikuti 71 peserta," ungkapnya.

Dikatakannya, 148 peserta tersebut bersaing untuk memperebutkan penghargaan berupa trofi dan piagam untuk pemenang lomba KSM dari peringkat 1 sampai 5 pada setiap bidang studi.

BACA JUGA:Matsama MTsN 1 Lubuklinggau Selama 3 Hari Berakhir Sukses

"Dan penghargaan berupa piala bergilir, piagam dan mendali kepada madrasah yang menjadi juara umum di setiap studi berdasarkan jenjang madrasah," jelasnya.

Menurutnya, bagi setiap pemenang lomba bidang studi dari peringkat 1 sampai 5 akan diikut sertakan pada Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Lubuklinggau, Arsiyanti, S.Pd.I, MM mengatakan,"Kami sangat mendukung anak-anak untuk semua kegiatan disekolah termasuk KSM karena KSM ini anak bersaing dalam hal akademik,"katanya.

Arsiyanti menjelaskan ada enam pelajar MTsN 1 Lubuklinggau yang mengikuti lomba KSM 2023 ini yakni Syifa Aulia Putri Kelas IX (Matematika Terintegrasi), Ghalia Niamillah Afzah Kelas VIII (Matematika Terintegrasi), Siti Syarah Yuliska Kelas IX (IPA Terpadu Terintegrasi), Khairul Daffa Kelas VIII (IPA Terpadu Terintegrasi), Nita Imami Adilia Kelas IX (IPS Terpadu Terintegrasi) dan Dede Aminah Alvezy Kelas VIII (IPS Terpadu Terintegrasi).

BACA JUGA:MTsN 1 Lubuklinggau Laksanakan Classmeeting

"Saya berharap anak-anak MTsN 1 Lubuklinggau bisa meraih kemenangan di Tingkat Kota Lubuklinggau agar bisa ikut kompetisi di tingkat Provinsi di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) "tutupnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: