Jokowi Resmikan Tol Prabumulih 6 Juli 2023, Sekarang ke Palembang Cuma 1 Jam

Jokowi Resmikan Tol Prabumulih 6 Juli 2023, Sekarang ke Palembang Cuma 1 Jam

Uji Laik Fungsi (ULF) di Jalan Tol Indralaya – Prabumulih --

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID – Akhirnya tol PrabumulihIndralaya resmi dioperasikan. Bahkan 6 Juli 2023, akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Peresmian tol ini dilakukan, setelah PT Hutama Karya (Persero) berhasil menyelesaikan uji laik fungsi (ULF) pada Jalan Tol  sepanjang 64,5 km tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, uji laik fungsi dilakukan selama 2 hari, yakni pada Senin 19 Juni 2023 hingga Selasa 20 Juni 2023.

Peresmian jalan tol ini, bersamaan dengan kedatangan Jokowi ke Banyuasin, untuk menghadiri acara Hari Keluarga Nasional (Hargnas) pada 4 hingga 6 Juli 2023.

BACA JUGA:Selain Lebih Cepat, ke Palembang Lewat Tol Juga Asyik, Exitnya Banyak Fasilitas

Seperti diketahui, jalan tol Indralaya - Prabumulih pernah difungsikan pada saat libur Idul Fitri 2023 untuk mengurangi kepadatan kendaraan pada arus mudik dan balik.

Selama periode tersebut, lebih dari 43.000 kendaraan berhasil melintasi jalan tol ini, baik saat arus mudik maupun arus balik.

Jalan tol ini, menawarkan pengalaman perjalanan yang lancar dan cepat bagi masyarakat.

Waktu tempuh dari Palembang ke Prabumulih atau sebaliknya kini hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, dengan kecepatan maksimum kendaraan mencapai 100 km/jam.

BACA JUGA:Jalan Tol Betung – Jambi Berubah Trase, Jadi Lebih Panjang, Penyebabnya Persoalan Lahan

Pembukaan Resmi oleh Presiden Jokowi pada 6 Juli ULF merupakan ujian untuk mengevaluasi spesifikasi teknis.

Serta persyaratan jalan tol guna memastikan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi.
Kegiatan evaluasi ini melibatkan berbagai instansi, termasuk Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumsel, dan institusi lainnya.

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari tiga subtim, yaitu Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas, Bidang Sarana Jalan, Jembatan, dan Bangunan Pendukung, serta Bidang Operasi dan Administrasi.

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menjelaskan bahwa setelah ULF berhasil dilaksanakan, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dapat segera operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: