Kenapa Pesawat Terbang Kebanyakan Dicat Putih? Faktanya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Kenapa Pesawat Terbang Kebanyakan Dicat Putih? Faktanya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Pesawat terbang.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Belakangan publik dihebohkan dengan berubahnya tampilan pesawat kepresidenan RI atau 'Indonesia One' yang awalnya berwarna putih biru, kini berubah menjadi merah dan putih.

Namun demikian, nuansa putih tetap ada pada warna badan pesawat. Hal ini disebut dapat membantu menjaga suhu badan pesawat tetap dingin hingga meminimalisir serangan burung.

Setiap maskapai memang memiliki corak dan motif pesawat tersendiri, tapi hampir semua pesawat memiliki warna dasar putih. Lantas, kenapa warna dasar pesawat putih?

Bukan tanpa alasan, nuansa putih pada bodi pesawat memiliki tujuan tertentu. Memang, ada rumor bahwa cat putih diterapkan untuk mengurangi bobotnya dari pesawat.

BACA JUGA:Makan Kulit Ayam Bisa Bikin Badan Gemuk? Mitos apa Fakta!

BACA JUGA:Wartawan di Lubuklinggau Dianiaya, Pemilik Mengaku Bingung Dini Hari Ada Orang Memvideokan Rumahnya

Tapi rumor tersebut sepertinya tidak benar, yang jelas warna putih tersebut akan menjadi penghematan biaya bagi maskapai.

Pada awal penerbangan, pesawat mempertahankan warna metaliknya. Sasis krom mereka sudah menjadi ikon saat dekade awal penerbangan. Bahkan, beberapa pesawat berwarna logam masih terbang hingga saat ini.

Namun, sebuah pesawat akan mengalami serangkaian fenomena cuaca, dan logam memiliki kecenderungan korosi yang mengganggu. Jadi, cat dalam warna apapun, merupakan cara untuk melindungi bodi pesawat lebih lama.

Mungkin mengecat seluruh pesawat cukup mahal, namun lebih murah dalam jangka panjang dari sisi perawatan pesawat. Di tengah masalah korosi, bidang krom masih perlu dipoles, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah apabila pesawat dicat.

BACA JUGA:Tidak Bisa Membuka Video dan Gambar WhatsApp? Berikut Tips Memperbaikinya

BACA JUGA:Kapolres Musi Rawas Tegaskan Tidak Ada Anggotanya Terlibat Kasus Mobil Bodong

Cat putih juga penting untuk panas, karena di atas garis awan pada siang hari, pesawat berada di bawah sinar matahari langsung selama berjam-jam.

Dan kerap kali berada di bandara di bawah terik sinar matahari. Cat putih sendiri menyerap lebih sedikit panas, dan membuat perawat jangka panjang lebih murah, karena menjaga bagian dalam pesawat tetap dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: