Cahaya Ultraviolet Mampu Dilihat Oleh Orang-orang 'Spesial'! Simak Ulasannya?

Cahaya Ultraviolet Mampu Dilihat Oleh Orang-orang 'Spesial'! Simak Ulasannya?

Sinar ultraviolet. (Ilustrasi)-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Sering dengar bahaya sinar ultraviolet? Sinar ultraviolet adalah radiasi gelombang elektromagnetik yang berasal dari matahari dan ditransmisikan dalam gelombang atau partikel pada panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda. 

Panjang gelombang panjang ini dikenal sebagai spektrum elektromagnetik (EM). Spektrum umumnya terbagi menjadi tujuh daerah dalam rangka menurunkan panjang gelombang dan meningkatkan energi dan frekuensi. 

Peruntukan umum adalah gelombang radio, gelombang mikro, inframerah (IR), sinar tampak, ultraviolet (UV), sinar-X dan sinar gamma.

Sinar ultraviolet (UV) jatuh di kisaran spektrum EM antara cahaya tampak dan sinar-X. Ini memiliki frekuensi sekitar 8 × 1014 sampai 3 × 1016 siklus per detik, atau hertz (Hz), dan panjang gelombang sekitar 380 nanometer (1,5 x 10-5 inci) sampai sekitar 10 nm (4 × 10-7 inci).

BACA JUGA:9 Manfaat Konsumsi Kangkung Bakal Bikin Kamu Tercengang!

Menurut “Radiasi Ultraviolet” Angkatan Laut A.S., UV umumnya dibagi menjadi tiga sub-band:

  1. UVA, atau UV dekat (315-400 nm)
  2. UVB, atau UV tengah (280-315 nm)
  3. UVC, atau UV jauh (180-280 nm)

Sinar ini tidak dapat dilihat oleh mata karena panjang gelombang sinar berwarna ungu ini sangat panjang. 

Beberapa hewan seperti lebah, burung, dan kupu-kupu dapat melihat sinar UV dengan jelas. Tenang saja, tidak semua sinar ultraviolet ini menembus lapisan ozon dan mencapai permukaan bumi. 

BACA JUGA:Angin Topan, Bisa Terjadi Bila..?

Apakah kalian tahu ada cahaya yang tidak bisa dilihat dari mata manusia. Umumnya, manusia dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang antara 380 hingga 700 nanometer (nm).

Semua warna pelangi termasuk dalam kisaran panjang gelombang itu. Tetapi sinar ultraviolet (UV) memiliki panjang gelombang lebih pendek dari 380 nm, ini berarti cahaya UV tidak terdeteksi oleh mata manusia.

Sebenarnya dari mana sih istilah “ultraviolet” berasa. Cahaya berwarna violet/ungu memiliki panjang gelombang terpendek dari semua warna yang bisa dilihat mata manusia. Itu berarti warna tersebut bergerak lebih cepat dan memiliki lebih banyak energi daripada warna cahaya lainnya.

Awalan "ultra-" berarti "di luar/melampaui". Gelombang sinar UV bergerak lebih cepat daripada gelombang cahaya warna ungu. Jadi, “ultraviolet” berarti jenis cahaya yang melampaui warna ungu, yang merupakan warna tercepat yang dapat kita lihat.

BACA JUGA:Yuk Ketahui 13 Manfaat Konsumsi Brokoli, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: