Angin Topan, Bisa Terjadi Bila..?

Angin Topan, Bisa Terjadi Bila..?

Angin topan.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Topan adalah badai besar yang memiliki sistem angin kencang berbentuk melingkar atau spiral.

Angin topan ini biasanya memiliki diameter hingga ratusan kilometer. Angin ini berputar di sekitar wilayah dengan tekanan atmosfer yang rendah.

Secara sains, penyebab angin topan berasal dari air hangat, udara hangat yang lembab, dan angin tingkat atas yang ringan sebagai bahan utama pembentukannya.

Badai dimulai saat massa udara hangat dan lembab dari permukaan laut, mulai naik secara cepat lalu bertabrakan dengan massa udara yang lebih dingin.

BACA JUGA:Yuk Ketahui 13 Manfaat Konsumsi Brokoli, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Angin topan memiliki istilah lain, tergantung di mana terjadinya. Istilah ilmiah untuk badai adalah siklon tropis. Hanya siklon tropis yang terbentuk di atas Samudra Atlantik atau Samudra Pasifik bagian timur yang disebut "badai".

Apa pun penyebutannya, penyebab angin topan, semuanya terbentuk dengan cara yang sama. Mereka menggunakan udara hangat dan lembab sebagai bahan bakar.

Topan adalah istilah untuk pusaran siklon tropis dewasa yang terbentuk antara Meridian timur ke-100 dan ke-180 di belahan utara Bumi.

Kawasan ini dinamakan sebagai Cekungan Pasifik Barat Laut, yang merupakan kawasan siklon tropis teraktif di Bumi, dimana hampir sepertiga dari siklon tropis tahunan di dunia terbentuk di kawasan ini.

BACA JUGA:Terungkap Ayah Tiri Bejat di Lubuklinggau Sudah Puluhan Kali Rudapaksa Anaknya  

Topan merupakan angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang terjadi di khatulistiwa.Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca dengan jarak minimal 500 km dari garis khatulistiwa.

Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusar dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam. Angin topan biasa terjadi saat pergantian musim dari musim panas ke musim gugur.

Dengan kecepatan angin yang bisa melebihi 400 km/jam, tornado/angin topan adalah salah satu fenomena alam yang paling dahsyat dan merusak.

Angin topan Terdiri dari kolom udara berputar yang memanjang dari badai petir ke daratan, angin topan dapat menyebabkan kerusakan besar pada lahan, bangunan, hingga korban jiwa manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: