Yuk Ketahui 13 Manfaat Konsumsi Brokoli, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Yuk Ketahui 13 Manfaat Konsumsi Brokoli, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Brokoli.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea. 

Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti miniatur pohon dengan warna hijau. Dulunya, brokoli dikenal sebagai tanaman liar, kemudian oleh petani diolah sampai jadi tanaman yang kaya gizi seperti sekarang.

Brokoli hijau sudah lama dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Manfaat brokoli hijau ini tak lain berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam. Kendati tidak semua orang menyukainya, brokoli hijau dianjurkan untuk tetap rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian Anda.

BACA JUGA:Terungkap Ayah Tiri Bejat di Lubuklinggau Sudah Puluhan Kali Rudapaksa Anaknya

Hampir setiap pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang memasukkan brokoli sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.

Brokoli mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, air, dan mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, serta zat besi. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Dilansir dari WebMD, brokoli sudah ada sejak kekaisaran Romawi. Mereka tumbuh di wilayah Mediterania dan mulai dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat sekitar tahun 1920-an.

Di Indonesia, brokoli sudah banyak ditanam oleh petani dan dijual ke pasar. Sayuran satu ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk dihidangkan di meja makan dengan berbagai cara penyajiannya.

BACA JUGA:Gebyar HPN 2023 Sumatera Selatan Dilaksanakan di Lubuklinggau

Selain rasa renyah yang membuat brokoli banyak diminati oleh masyarakat, brokoli ternyata mengandung segudang manfaat yang tidak bisa diremehkan karena memiliki kandungan gizi yang sangat bagus.

13 Manfaat Konsumsi Brokoli dan Kandungan Gizinya

Situs Medical News Today menuliskan, brokoli adalah sumber vitamin, mineral, serta antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang diproduksi dari dalam tubuh yang jika terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan sel atau juga kanker.

Sementara Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memberitahukan mengenai kandungan gizi dalam brokoli dengan berat sekitar 76 gram sebagai berikut:

  • Energi (kalori): 24,3 kalori
  • Karbohidrat (gram): 4,78 gram dan 1 gram gula
  • Serat (gram): 1,82gram
  • Kalsium (miligram): 35 mg
  • Fosfor (miligram): 50,9 mg
  • Kalium (miligram): 230 mg
  • Vitamin C (miligram): 40,5 mg
  • Folat (microgram): 49,4 mcg
  • Vitamin A (microgram): 6,08 mcg
  • Beta-karoten (microgram): 70,7 mcg
  • Lutein dan Zeacanthin (microgram): 566 mcg
  • Vitamin E (miligram): 0,11 mg
  • Vitamin K (microgram): 77,5 mcg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: