9 Manfaat Konsumsi Kangkung Bakal Bikin Kamu Tercengang!

9 Manfaat Konsumsi Kangkung Bakal Bikin Kamu Tercengang!

Kangkung yang kaya manfaat.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Bagi orang Indonesia siapa yang tidak kenal dengan kangkung. Kangkung sudah menjadi santapan sehari-hari bagi orang Indonesia atau asia seperti China dan Malaysia.

Harganya yang ekonomis serta cita rasanya yang lezat adalah alasan mengapa kangkung sering mengisi meja makan kita.

Kangkung atau Ipomoea aquatica atau water spinach adalah tumbuhan yang tumbuh di air atau di tanah yang lembab. Kangkung biasanya memiliki batang dengan ukuran sekitar 2-3 meter atau lebih. Tanaman ini memiliki akar serabut serta bisa mengapung. 

Daun kangkung biasanya berbentuk seperti kepala panah, namun ada juga yang berbentuk lain. Daun kangkung bisa memiliki panjang 5-15 cm dengan lebar 2-8 cm.

BACA JUGA:Angin Topan, Bisa Terjadi Bila..?

Tanaman kangkung memiliki bunga yang berbentuk seperti terompet dengan diameter 3-5 cm dan berwarna putih dengan warna ungu muda di bagian tengahnya.

Tanaman kangkung ini dikenal memiliki rasa seperti sayuran bayam, tanaman yang memiliki biaya perawatan minim. Kamu hanya perlu jumlah air yang banyak dan pupuk yang bagus untuk menanam tanaman satu ini. Jika kamu ingin menanam kangkung di rumah tentu saja bisa.

Akan tetapi, seperti dilansir dari laman NNC, selain keunggulan tersebut, ada manfaat lain dari kangkung yang disebut-sebut setara nilai gizinya dengan susu, pisang dan jeruk.

Tanaman semi-akuatik yang membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh ini juga mengandung banyak elektrolit, serat yang mendukung kerja sistem pencernaan, juga berbagai jenis vitamin, mineral dan antioksidan.

BACA JUGA:Yuk Ketahui 13 Manfaat Konsumsi Brokoli, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Manfaat konsumsi kangkung

Tumbuhan berakar serabut yang batangnya bisa memanjang hingga 2-3 meter ini, daunnya memiliki bentuk menyerupai kepala panah dengan ukuran lebar 2-8 cm dan panjang 5-15 cm.

Kangkung memiliki bunga berwarna putih atau ungu dan berkembang biak dengan cara stek atau dengan biji.

Bagian yang dikonsumsi adalah daun muda serta batang yang berada di dekat pucuk daun kangkung, dengan tekstur renyah dan lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: