Cahaya Ultraviolet Mampu Dilihat Oleh Orang-orang 'Spesial'! Simak Ulasannya?

Cahaya Ultraviolet Mampu Dilihat Oleh Orang-orang 'Spesial'! Simak Ulasannya?

Sinar ultraviolet. (Ilustrasi)-Instagram.com-

Walaupun manusia tidak dapat melihat sinar UV, namun cahaya UV tetap bisa memengaruhi kita. Sebagian besar sinar UV diserap oleh atmosfer bumi, tetap saja ada sinar yang lolos dan dapat mencapai kita yang membuat kita terkena sengatan matahari dan bisa menyebabkan kerusakan lainnya.

Inilah salah satu alasan mengapa lapisan ozon sangat penting bagi bumi. Tanpa lapisan ozon, banyak cahaya UV yang akan mencapai permukaan bumi dan hal ini sangat berbahaya.

Apakah sinar UV tidak bisa dilihat oleh semua orang? Sebenarnya tidak juga. Orang dengan kondisi yang disebut aphakia, bisa melihat gelombang sinar UV.

Aphakia adalah kondisi di mana orang kehilangan lensa mata, seringkali karena pembedahan atau genetika. Tidak adanya lensa mata, memungkinkan mereka untuk melihat di luar spektrum cahaya yang bisa dilihat manusia pada umumnya, tetapi hal ini bisa menyebabkan penglihatan kabur dan rabun dekat.

BACA JUGA:Terungkap Ayah Tiri Bejat di Lubuklinggau Sudah Puluhan Kali Rudapaksa Anaknya

Hewan seperti lebah, beberapa spesies burung dan reptil, ternyata bisa melihat sinar UV. Sampai beberapa waktu, para ahli percaya bahwa sinar UV tidak terlihat oleh semua jenis mamalia.

Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa sebagian besar mamalia, seperti rusa kutub, kucing, dan anjing mungkin bisa melihat cahaya UV. Para peneliti menemukan bahwa, lensa di mata mereka memungkinkan sinar UV untuk melewatinya, sehingga dapat terlihat.*

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: