9 Manfaat Konsumsi Kangkung Bakal Bikin Kamu Tercengang!

9 Manfaat Konsumsi Kangkung Bakal Bikin Kamu Tercengang!

Kangkung yang kaya manfaat.-Instagram.com-

Umumnya kangkung diolah dengan cara ditumis, dikukus, dan direbus.

BACA JUGA:Terungkap Ayah Tiri Bejat di Lubuklinggau Sudah Puluhan Kali Rudapaksa Anaknya

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi kangkung sebagai hidangan sehari-hari:

  • 1. Menurunkan kadar kolesterol

Sayuran hijau ini mampu menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Sama seperti sayuran lainnya, konsumsi kangkung yang memiliki serat tidak larut diklaim dapat membuat kadar LDL serta triglikosida yang tinggi, kembali normal.

  • 2. Meningkatkan imun tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang tinggi dapat mencegah seseorang tertular penyakit infeksi yang dipicu oleh virus. Konsumsi sayur kangkung adalah salah satu cara mudah meningkatkan imunitas, karena kaya mineral, vitamin dan serat.

  • 3. Membantu pengobatan penyakit kuning dan penyakit hati

Merujuk laman Kendalkab, ekstrak kangkung telah diteliti untuk penggunaan sebagai obat dari penyakit kuning dan penyakit hati. Sayur ini ternyata dapat memperbaiki kondisi hati yang memburuk akibat penyakit dan zat kimia berlebihan.

BACA JUGA:Gebyar HPN 2023 Sumatera Selatan Dilaksanakan di Lubuklinggau

  • 4. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah banyak diderita oleh kaum hawa, utamanya usai menstruasi. Kangkung yang kaya dengan zat besi dapat mengembalikan jumlah sel darah merah dan membantu produksi hemoglobin.

  • 5. Obat sembelit

Kandungan serat pada kangkung sangat tinggi sehingga terbukti menyehatkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah sembelit. Sifat pencaharnya bermanfaat bagi orang yang kesulitan BAB, termasuk mencegah munculnya wasir.

  • 6. Mengatasi diabetes

Konsumsi kangkung berpengaruh terhadap turunnya tingkat stres yang memicu diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah. Ini juga termasuk pengobatan alami diabetes yang dapat diterapkan pada ibu hamil, karena resikonya rendah dan makin menyehatkan janin.

  • 7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa nutrisi seperti vitamin A, C dan betakaroten yang ada pada kangkung masuk dalam kelompok antioksidan yang berguna untuk kesehatan jantung. Antioksidan sendiri memiliki kegunaan untuk melawan radikal bebas yang jadi biang kerok banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Tanggung Semua Biaya Persalinan Ibu Terlantar Asal Batam

Kangkung juga memiliki asam folat yang manfaatnya banyak untuk pencegahan stroke dan penyakit jantung lainnya. Ada pula magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah.

  • 8. Menyehatkan mata

Betakaroten dan vitamin A dalam kangkung merupakan dua jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menyehatkan mata. Selain itu untuk pencegahan katarak, kangkung memiliki zat bernama glutathione.

  • 9. Membuat rambut sehat

Jika rambut telah mulai banyak yang rontok dan tidak subur lagi, konsumsi kangkung bisa jadi salah satu kiat untuk menyuburkan kembali pertumbuhannya. Kangkung dapat memaksimalkan produksi keratin rambut dan mencegah kebotakan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: